Dengan ‘Besantara’, 2 Santri Bawean Dapat Nyantri di Gus Baha – Aspiratif News

Dengan ‘Besantara’, Dua Santri Bawean Bisa Nyantri di Gus Baha
Views: 1151
Read Time:1 Minute, 45 Second

Dengan ‘Besantara’, 2 Santri Bawean Dapat Nyantri di Gus Baha – Aspiratif News

Gresik, Aspiratif News

Banyak program yang digagas NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama  (LAZISNU)  di bermacam kota dan kabupaten di Jawa Timur. Prinsipnya, semua saling berkreasi untuk memaksimalkan khidmah dalam membantu kalangan dhuafa. 

 

Salah satunya yang sekarang dinikmati manfaatnya oleh warga kisaran ialah yang digagas Pengurus Cabang NU Care-LAZISNU Bawean. Mereka melaksanakan program Besantara atau Beasiswa Santri Nusantara. 

 

“Program ini memberikan Kesempatan untuk santri Pulau Bawean dari Famili tidak sanggup untuk dapat belajar dan nyantri,” kata Moh Ilyas, Rabu (22/7). 

 

Disampaikan Ketua PC NU Care-LAZISNU Bawean tersebut bahwa santri yang Ada di Bawean memerlukan ongkos besar untuk kembali ke pesantren, sebab wajib mempergunakan transportasi kapal agar dapat sampai di Jawa.

 

Ilyas menerangkan terlebih di era pandemi seperti ini banyak wali santri yang kehilangan mata pencaharian. Mereka kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, tapi tidak sedikit juga yang jadi buruh atau pekerjaan serabutan. 

READ  AS Kirim Dukungan Seharga 500 Juta Dolar untuk Sistem Rudal Israel – Warta Batavia

 

“Pada tahun sekarang NU Care LAZISNU Bawean tidak cuma membantu santri kembali ke pesantren, juga memberikan sokongan beasiswa untuk 2 calon santri,” katanya.

 

Ke-2 santri itu ialah Sulaiman yang berasal dari Dusun Pancor, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura dan Moh Era Fazira Assamar Kandi dari Dusun Tanjunguri, Desa Tanjunguri Kecamatan Tambak. 

 

Ke-2 santri ini bertekad berangkat ke Pondok Pesantren Lembaga Pendidikan dan Pengkajian Ilmu Al-Qur’an​ atau ​​​​​​LPPIQ Narukan, Rembang, Jawa Tengah, pesantren yang diasuh KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). Ke-2 ikut program tahfidzul Qur’an. 

 

Kriteria santri yang memperoleh program Besantara ialah mempunyai keinginan atau cita-cita kuat. Berasal dari Famili kurang sanggup. Sanggup ikut program sampai tuntas dan selesai menuntaskan program sanggup mengabdi ke NU serta lembaga yang ada. 

 

“Kami memberikan beasiswa full sampai selesai yaitu 3 tahun,” terangnya.

 

Ke-2 santri langsung berikrar untuk memenuhi persyaratan di depan Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean yaitu kiai Zubaidi Khumaili, Ketua PCNU, Fauzi Rauf, Sekretaris PCNU Syaifuddin dan Ketua NU Care LAZISNU Moh Ilyas. 

READ  IndiHome Telkom Jualan Ceramah Ustadz Wahabi 30 Ribu Per Bulan

 

Kontributor: Rof Maulana

Editor: Ibnu Nawawi

 

Dengan ‘Besantara’, 2 Santri Bawean Dapat Nyantri di Gus Baha – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *