Dengan Kebersamaan Kita Jaga Pancasila dari Musuh NKRI

Dengan Kebersamaan Kita Jaga Pancasila dari Musuh NKRI

Diposting pada

Dengan Kebersamaan, Mari Kita Jaga Pancasila dari Musuh NKRI

PANCASILA Ialah dasar Negara Indonesia sekaligus ideologi Negara dan Bangsa Indonesia. Akhir-akhir ini keutuhan bangsa Indonesia terancam akibat adanya oknum-oknum dari kelompok tertentu yang tidak menganggap Pancasila sebagai Ideologi bangsa Indonesia. Sehingga penting bagi seluruh komponen masarakat Indonesia memahami dan menjaga kedaulatan Pancasila.

Pancasila tidak cuma jadi legitimasi konstitutional yang Ialah syarat sah dari sebuah Negara. Lebih dari itu Pancasila wajib jadi pandangan hidup untuk seluruh masyarakat Indonesia yang dapat merekatkan persatuan keragaman suku bangsa dari Sabang sampai Merauke.

Bung Karno berkata: “Pantjasila ialah 1 alat mempersatu, jang saja jakin sejakin-jakinnja Bangsa Indonesia dari Sabang sampai ke Merauke hanjalah dapat bersatu padu diatas dasar Pantjasila itu.” (Bung Karno dalam,Pantjasila Dasar Filsasat Negara).

Bagian praktiknya, masarakat wajib menyaksikan keseluruhan sila Pancasila tidak cuma sebagai hafalan semata, tapi jadi usaha dalam memahami isi Pancasila. Pancasila bukan slogan, tapi cita-cita serta petunjuk soal bagaimana perjuangan berkelanjutan yang seharusnya dilakuan masarakat Indonesia.

Soekarno pun juga pernah berpesan jikalau Pancasila mesti dan terus diusahakan pelaksanaannya. Tanpa adanya perjuangan, maka pancasila tidak pernah jadi keadaan sebenarnya. Tanpa adanya perjuangan, akan terus ada kaum yang menindas rakyat. Hal ini sebab adanya pancasila jadi sebuah halangan yang dapat merugikan nantinya bagi mereka yang semena-mena.

Baca Juga :  Hukuman Bagi ASN Terlibat Ideologi Khilafah Akan Diberhentikan Tidak Hormat

Masarakat Indonesia dan seluruh elemen bangsa Indonesia wajib menjadikan Pancasila dan UUD ’45 sebagai sebuah pedoman di dalam kehidupan berbangsa serta bernegara. Pancasila diperlukan untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia.

Mempertahankan kedaulatan Pancasila tidak cuma sekedar jadi tugas TNI-POLRI saja. Mempertahankan dasar Negara Indonesia Ialah kewajiban bagi seluruh bangsa Indonesia. Pancasila dan UUD ’45 Ialah harga mati bangsa Indonesia yang tidak dapat diganggu gugat.

Oleh karena itu, masarakat Penting memahami dan menjaga kedaulatan Pancasila sebagai dasar Negara. Hal ini mesti disosialisasikan, sosialisasi tersebut Penting terus digalakan ke semua penjuru Indonesia.

Partisipasi dari masarakat dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan dari Bangsa Indonesia ini tentunya akan berperan besar. Bayangkan saja jikalau sampai Bangsa Indonesia jadi terbelah belah, maka tidak akan ada lagi yang dapat dibanggakan. Cuma ada pertikaian bahkan bukan tidak mungkin jikalau akan terjadi perang atau konflik di mana-mana di dalam wilayah Indonesia.

Waktu ini bentuk musuh NKRI sungguh tidak sama dibandingkan sebelumnya, bahkan makin sulit untuk dilihat dengan kasat mata.

Baca Juga :  Merespon Gus Mus, Para Santri Cepat Pasang Bendera di Alun-alun Rembang

Mudahnya dalam mengakses informasi menjadikan kita mesti kian waspada agar jangan sampai kedaulatan bangsa tidak dijaga dengan baik. Musuh-musuh yang dihadapi Indonesia sendiri sungguh tidak kelihatan seperti jaman penjajahan sebelumnya.

Waktu ini yang dimaksud dengan musuh berbarengan bangsa Indonesia Ialah orang atau kelompok yang terus-menerus menyuarakan Soal hal komunisme, khilafahisme, radikalisme dan terorisme.

Itulah gunanya masyarakat Indonesia mesti memahami Pancasila secara mendalam sehingga tidak mudah untuk diadu domba. Ideologi pancasila jadi ideologi wadah kebhinekaan Indonesia. Sehingga siapa saja yang ingin mengganti dan berusaha menghilangkan Pancasila selaku dasar Negara akan berhadapan langsung dngan semua rakyat Indonesia.

Dengan begitu bangsa Indonesia tidak akan pernah goyah dan terbelah belah walaupun bermacam problem dijadikan propaganda dalam usaha untuk memecah belah Bangsa dan NKRI.

Mempertahankan Pancasila sebagai falsafah bangsa serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya pada kehidupan sehari-hari ialah kewajiban yang diemban oleh semua masyarakat negara Indonesia. Mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila juga artinya mempertahankan dan menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Baca Juga :  Dua Kesalahan Kelompok Pro Khilafah, Apa Saja?

Pancasila ialah pondasi sekaligus benteng untuk tetap tegaknya negara Indonesia selaku sebuah negara kesatuan. Oleh karena itu, menjaga dan mengamalkan Pancasila ialah tanggung jawab kita bersama-sama, tidak cuma oleh pemerintah dan TNI-POLRI, tetapi semua rakyat Indonesia.

Dengan kebersamaan, mari kita jaga Pancasila dari musuh NKRI. Kebersamaan seluruh komponen masarakat, pemerintah dan TNI-POLRI dalam menjaga Pancasila akan memastikan tetap utuhnya NKRI selamanya. Insyaallah, amin….

Dengan Kebersamaan Kita Jaga Pancasila dari Musuh NKRI

Dengan Kebersamaan Kita Jaga Pancasila dari Musuh NKRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *