Teroris-696x392.jpeg

Dibawa ke Jakarta, Begini Penampakan 22 Tersangka Teroris Jaringan JI

Diposting pada
Mata teroris tertutup saat dinaikkan ke dalam bus (Foto: Amir Baihaqi / detikcom)

Densus 88 membawa 22 tersangka teroris dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) ke Jakarta. Mereka ditangkap mulai akhir Februari 2021 lalu di Jawa Timur.

Dikutip dari detik.com, 22 terduga teroris dibebaskan sekitar pukul 07.30 WIB dan menaiki dua bus polisi. Satu persatu tersangka ditutup matanya, diborgol dengan kaki dan tangannya dibawa keluar dari ruang Satuan Sidang dan Penahanan (Sat Tahti) Polda Jawa Timur.

Setelah semua tersangka dinaikkan ke dalam bus, mereka dibawa ke bandara Juanda. Selama perjalanan, mereka diawasi secara ketat oleh staf Densus 88.

“Benar, Polda Jatim mengirim 22 terduga teroris ke Jakarta pagi ini yang dititipkan teman-teman Densus 88,” kata Wakil Kapolda Jatim Brigjen Polda Jatim kepada wartawan Slamet Hadi Supraptoyo. .

Menurut Slamet, 22 terduga teroris tersebut ditangkap di berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Surabaya, Mojokerto, Bojonegoro, dan Malang. Semua tersangka ini adalah teroris dari jaringan Jamaah Islamiyah.

“Ini penangkapan di Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, lalu Bojonegoro dan terakhir di Malang. Sedangkan yang kami dapat dari interogasi itu termasuk dalam kelompok JI,” jelas Slamet.

Baca Juga :  Di Hari Perempuan Internasional, Dubes Uni Eropa dan Swedia Kunjungi PP GP Ansor

Slamet menambahkan, selama di Jawa Timur, semua tersangka teroris yang ditangkap telah melakukan berbagai kegiatan rekrutmen anggota. Sejauh ini mereka telah merekrut sedikitnya 50 orang dalam 5 tahun terakhir.

“Mereka jelas tergabung dalam kelompok organisasi terlarang yang masih melakukan perekrutan hingga sekarang,” jelasnya.

“Dan selama 5 tahun mereka mendapatkan sekitar 50 rekrutan dari grup mereka,” tambah Slamet.

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *