Libatkan-Dubes-Palestina-di-Acara-Politik-KAMI-Din-Syamsudin-Cederai-Hubungan-Indonesia-Palestina.jpg

Din Syamsudin Cederai Hubungan Indonesia – Palestina dengan Undang Dubes Palestina di Acara Deklarasi KAMI

Diposting pada

Libatkan Dubes Palestina di Acara Deklarasi KAMI, Din Syamsudin Cederai Hubungan Indonesia – Palestina

Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menghadiri acara deklarasi KAMI yang diinisiasi oleh Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia menjelaskan, kehadiran Zuhair atas undangan dari Din Syamsuddin.

“Klarifikasi tentang apa yang diberitakan media perihal Duta Besar Negara Palestina yang menghadiri undangan yang disampaikan oleh Bapak Din Syamsuddin, Ketua Persatuan Persahabatan Indonesia-Palestina,” demikian bunyi keterangan resmi Kedutaan Besar Palestina, Rabu (19/8/2020).

“Kami ingin menegaskan bahwa partisipasi kami berdasarkan pada pemahaman bahwa acara tersebut adalah acara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan bukan yang lainnya,” lanjut keterangan resmi tersebut.

“Saya berharap semua orang mengerti bahwa kami bukan bagian dari dan tidak akan menjadi bagian dari kegiatan politik di Indonesia,” jelas keterangan resmi Kedutaan Palestina, (19/8/2020).


Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menilai bahwa sanksi bagi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair al-Shun atas kehadirannya dalam deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) adalah hak Pemerintah Palestina.

Baca Juga :  Radikalisme dan Intoleransi Bangkitkan Warga Solo Bersatu Melawan Secara Damai

“Kalaulah Dubes Zuhair perlu diberikan sanksi karena kehadirannya di acara deklarasi KAMI, yang layak memberikannya adalah Pemerintah Palestina,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kehadiran Dubes Zuhair dalam acara itu mendapat sorotan dari sejumlah pihak yang menilainya termasuk sebagai intervensi urusan politik dalam negeri Indonesia–jika deklarasi KAMI dianggap pemerintah sebagai upaya menggulingkan kekuasaan pemerintahan yang sah, menurut Hikmahanto.

“Suatu hal yang sangat dilarang dalam pergaulan internasional dan sangat wajar bila memang demikian Pemerintah Indonesia melakukan pengusiran Dubes Zuhair,” kata Hikmahanto.

Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, menyampaikan klarifikasi pada Rabu (19/8/2020) bahwa Zuhair menghadiri acara tersebut untuk memenuhi undangan dari Din Syamsuddin, yang juga merupakan Ketua Persahabatan Indonesia-Palestina.


Politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean menilai tindakan yang dilakukan Din Syamsuddin mengundang Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair al-Shun di acara deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), merusak hubungan baik antar kedua negara tersebut.

Libatkan Dubes Palestina di Acara Politik KAMI, Din Syamsudin Cederai Hubungan Indonesia - Palestina.

Ferdinand mengatakan, tindakan tersebut telah merusak nama baik Palestina di kancah perpolitikan internasional.

Baca Juga :  Menolak KAMI, Selamatkan Bangsa dari Perpecahan

“Kehadiran Dubes Palestina pada deklarasi KAMI atas undangan Din Syamsuddin yang katanya mengundang perayaan HUT RI, saya kira justru pak Din secara langsung maupun tidak langsung justru membahayakan nasib negara Palestina di kancah percaturan politik global,” katanya kepada Tagar, Rabu, 19 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, kehadiran Zuhair di acara itu dapat dimaknai sebagai bentuk dukungan Palestina terhadap sepak terjang KAMI.

“Kenapa demikian? Kehadiran Dubes Palestina pada acara itu justru bisa dimaknai sebagai sebuah bentuk dukungan negara Palestina. Karena Dubes itu mewakili sebuah negara di negara lain. Jadi apa yang dilakukan duta besarnya bisa disamakan dengan mewakili sikap negaranya,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Ferdinand, Palestina seakan mendukung gerakan yang dilakukan Din Syamsuddin Cs untuk menyerang pemerintahan. (aspratif/sumber:Ummatina)

Din Syamsudin Cederai Hubungan Indonesia – Palestina dengan Undang Dubes Palestina di Acara Deklarasi KAMI

Din Syamsudin Cederai Hubungan Indonesia – Palestina dengan Undang Dubes Palestina di Acara Deklarasi KAMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *