Disebut Melebihi Harga Emas, Meroketnya Harga Masker di Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Disebut Melebihi Harga Emas, Meroketnya Harga Masker di Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Diposting pada

Aspitaif News -, Tingginya kekuatiran akan wabah Covid-19 di Indonesia rupanya berdampak pada meroketnya harga masker. Problem ini ternyata Ikut diulas di sejumlah media asing, misalnya The Straits Times sampai Reuters.

Media Inggris Reuters menyebut harga masker melonjak nyaris 10 kali lipat. Seorang pedagang di Pasar Pramuka, Jakarta, bernama Bambang Darmadi mengklaim menjual 1 kotak masker berisi 50 lembar dengan harga USD 20 (Rp275 ribu). Padahal, ia biasanya menjual kisaran USD 2 (Rp30 ribu) saja sebelum Covid-19 mewabah.

walaupun belum ada Perkara positif Virus Corona yang berasal dari Wuhan ini, kekuatiran masarakat menyebabkan naiknya hitungan total permintaan sehingga terjadi kelangkaan. Tapi, Ketua Yayasan Penjagaan Konsumen Indonesia Tulus Abadi menyebut meroketnya harga masker bukan dikarenakan langkanya barang, tetapi praktik penimbunan di ‘tingkat menengah’ seperti distributor untuk meraup untung lebih. Kecuali itu, belum ada peraturan pemerintah soal penetapan harga.

“Ada pihak-pihak yang mengacaukan pasar. Kami meminta pemerintah untuk menetapkan batas harga tertinggi untuk peralatan kesehatan seperti masker,” kata Tulus Abadi, dikutip Reuters.

Sementara itu, The Straits Times menyorot tingginya harga masker di Tanah Air yang bahkan melebihi harga emas. Media berbasis di Singapura ini menyebut harga 1 kotak berisi 20 masker N95 naik 7 kali lipat mencapai Rp1,5 juta. Padahal, harga 1 gram emas di Indonesia waktu ini kisaran Rp800 ribu.

Meningkatnya kekuatiran rakyat Indonesia diperkirakan terjadi sebab belum ditemukan 1 pun Perkara Covid-19 di negara ini. Bahkan, WHO juga sempat meragukan data yang diumumkan Indonesia.

Kecuali masker, seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namanya di Pasar Pramuka menyebutkan harga pembersih tangan juga berisiko meroket. Pembersih tangan ukuran 500 ml sekarang dijual dengan harga Rp80 ribu. Padahal, harga barang ini biasanya cuma Rp45 ribu.[]

baca juga:


Disebut Melebihi Harga Emas, Meroketnya Harga Masker di Indonesia Jadi Sorotan Media Asing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *