Distribusi-Vaksin-Covid-19-Untuk-Pastikan-Ketersediaan-Merata-di-Indonesia.jpg

Distribusi Vaksin Covid-19 Untuk Pastikan Ketersediaan Merata di Indonesia

Diposting pada

Terkait informasi peredaran vaksin Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 kini sudah beredar di berbagai daerah.

Distribusi vaksin Covid-19 terus dilakukan secara merata, meski uji klinis Tahap 3 belum selesai.

Juru bicara Satgas untuk manipulasi Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito mencontohkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan Pengawas Obat dan Makanan) terus mengawal peredaran vaksin yang sedang berlangsung.

PMS juga terus memantau dan mengevaluasi pengadaan dan pendistribusian vaksin secara berkala mulai dari tahap praklinis, hingga uji klinis Tahap 1, 2 dan 3 yang saat ini sedang berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Ini termasuk uji klinis yang dilakukan di Brasil dan Turki. Uji klinis Tahap 3 telah selesai, sehingga Badan POM telah mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA).

Mendistribusikan vaksin Covid-19 di daerah terpencil merupakan tantangan tersendiri

Mendistribusikan vaksin Covid-19 di daerah terpencil merupakan tantangan tersendiri

Distribusi vaksin Covid-19 dilakukan di daerah terpencil. Kondisi geografis menjadi tantangan dalam peredaran vaksin Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia.

Wakil Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan dengan target vaksinasi 181.554.465 orang, pemerintah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan terus meningkatkan suntikan vaksin untuk mencapai tujuan satu juta per hari.

Berdasarkan data dari Committee for Handling Covid-19 dan National Economic Recovery, per 10 April 2021, dari target target vaksinasi 181.554.465, baru sekitar 5.050.524 orang yang telah menyelesaikan dua tahap vaksinasi.

Baca Juga :  Jejak Digital Cuitan ‘Maaher Soni Ernata’: Hina Ulama NU Hingga Berujung Penangkapan

“Dalam pendistribusian vaksin diperlukan rangkaian distribusi cold chain yang mana vaksin harus selalu dalam kondisi dingin tertentu dalam wadah penyimpanannya untuk menjaga kualitas dan khasiat vaksin,” ujarnya mengenai peredaran vaksin Covid-19. .

Ia menambahkan, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana pendistribusian vaksin adalah ketersediaan kendaraan, ketersediaan dan kapasitas sarana / peralatan pendingin berdasarkan karakteristik vaksin, jadwal pendistribusian, jumlah stok, maksimal dan minimum. vaksin. dan juga interval waktu pemberian vaksin menurut jenis vaksinnya.

“Dalam proses pendistribusian perlu dipastikan kualitas vaksin Covid-19 tetap terjaga dengan baik. Untuk itu pengawasan vaksin harus dilakukan sepanjang proses distribusi,” ujarnya.

Terkait masalah peredaran vaksin Covid-19, saat ini jalur pendistribusian vaksin yang dilakukan oleh Biofarma di beberapa daerah telah menggunakan teknologi Bio Tracking dan Bio Detect yang dilengkapi dengan alarm pembekuan.

“Sistem ini memberikan peringatan dini ketika terjadi perubahan suhu yang signifikan dan dapat berdampak pada kualitas vaksin,” ujarnya.

Presiden Trisinar Indopratama Ellies Kiswoto mengungkapkan, Technoplast telah memproduksi pembawa vaksin terisolasi yang memenuhi kriteria sistem distribusi rantai dingin untuk vaksin Covid-19.

Ia mengatakan IVC Technoplast mampu memberikan kestabilan suhu ruangan antara 2 hingga 8 derajat Celcius dalam waktu 48 jam, meski suhu di luar mencapai 30 derajat Celcius.

Baca Juga :  [Berita Gambar] Israel Menghancurkan Rumah Keluarga Palestina Keempat Kalinya

IVC Technoplast dilengkapi dengan teknologi IOT yang dapat menjamin keamanan kualitas vaksin selama proses distribusi di tempat tujuan, ujarnya.

“Teknologi IoT ini tidak hanya mendeteksi suhu dan lokasi, tetapi juga memberikan informasi seperti tanggal pengiriman vaksin dari produsen, jumlah vaksin, lokasi real-time, pencatatan suhu, nama kurir, identifikasi pesawat, dan nomor plat mobil. Tiap kemasan vaksin punya QR code-nya masing-masing, “ujarnya.

Dengan pemerataan distribusi vaksin Covid-19 dan kepastian keamanan vaksin, diharapkan minat masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19 terus meningkat dan dapat mempercepat pencapaian target vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

sumber: Distribusi vaksin Covid-19 di daerah terpencil merupakan tantangan tersendiri

Distribusi vaksin Covid-19 untuk memastikan ketersediaannya

“Intinya, upaya pendistribusian yang telah dilakukan bertujuan untuk memastikan ketersediaan vaksin yang merata, dengan prosedur yang cermat dengan memanfaatkan waktu yang ada. Pemerintah menjamin pendistribusian vaksin di berbagai wilayah di Indonesia. Dan bisa dilakukan secara merata. efektif tanpa merusak kualitas vaksin, ”ujarnya soal peredaran vaksin Covid-19 menanggapi pertanyaan media, Selasa (5/1/2021) di Istana Kepresidenan Jakarta yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Kepresidenan.

Wiku menambahkan, saat vaksin tiba di bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu, PMS mengeluarkan sertifikat batch release sebagai upaya untuk menjaga kualitas vaksin yang masuk ke Indonesia.

Baca Juga :  Fakta Sejatinya Konflik Suriah yang Disembunyikan Media Radikal

Proses pendistribusian vaksin Covid-19 yang saat ini disebar di berbagai wilayah akan terus dipantau dengan melakukan pengambilan sampel berbasis risiko di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM di tingkat provinsi dan kabupaten / kota di seluruh tanah air. ‘Indonesia .

Kemudian mengenai penyuntikan vaksin ini, Wiku mencontohkan bahwa pemerintah tetap berpegang pada prinsip dan prosedur kesehatan yang berlaku.

Penyuntikan vaksin baru akan dilakukan setelah EUA yang berdasarkan hasil data ilmiah dikeluarkan oleh Badan POM.

“Pak Presiden (Joko Widodo) juga akan mendapat vaksin tersebut, jika vaksinnya sudah mendapat EUA dari PMS. Kami berharap komitmen ini bisa didorong secepatnya agar masyarakat luas bisa mendapatkan vaksin Covid-19. “Kata Wiku, saat aku sedang dalam agenda untuk siaran pers.

Jakarta, 5 Januari 2021

Tim Komunikasi Panitia Penanganan Virus Corona 2019 (Covid-19) dan National Economic Recovery

Sumber: Distribusi vaksin Covid-19 untuk menjamin keseragaman ketersediaan di Indonesia

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *