Connect with us

Politik

Dito Telah Resmi Jadi Menpora dan Mundur Dari RANS

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Dito Ariotedjo yang baru saja dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk sisa masa jabatan 2019-2024 memastikan dirinya segera mengundurkan diri dari peran Chairman yang didudukinya di perusahaan olahraga multicabang RANS Prestige Sportainment.

Dito menegaskan bahwa keputusan itu menjadi sebuah keharusan agar dirinya tidak mengalami konflik kepentingan dalam menjalankan tugas sebagai Menpora.

“Pasti lah, kan otomatis sebagai Menpora saya harus menaungi semua stakeholders. Jadi untuk tidak ada conflict ot interest, saya pasti akan mundur,” kata Dito kepada awak media di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, selepas menjalani prosesi pelantikan.

Dito sebelumnya menjabat Co-Chairman RANS Prestige Sportainment bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim.

Advertisement

Hal itu membuat Dito juga menduduki jabatan yang sama di klub Liga 1 Indonesia, RANS Nusantara FC, serta klub Liga Bola Basket Indonesia (IBL), RANS PIK Basketball.

“Per hari ini (mundur),” ujar Dito menegaskan.

Dito menyatakan ia telah berkomunikasi dengan dua koleganya di RANS Prestige Sportainment dan mengaku mendapatkan dukungan positif atas tanggung jawabnya sebagai Menpora.

“(Raffi) bahagia lah, karena (saya) mendapat tugas lebih besar,” ujar Dito ketika ditanya bagaimana Raffi bereaksi atas penunjukannya sebagai Menpora.

Dito juga meyakini RANS Prestige Sportainment masih akan tetap beroperasi dengan baik mengelola RANS Nusantara FC, RANS PIK Basketball, maupun RANS Esports.

Advertisement

“Di RANS kan chairman-nya tiga, jadi kalau saya mundur atau nonaktif enggak masalah,” ujarnya.

Dito dilantik sebagai Menpora oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

See also  Jelang Pencoblosan, Bawaslu RI Catat 347 Pelanggaran

Dito menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023 menyusul terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2026.

Di dunia olahraga, selain sempat aktif di RANS Prestige Sportainment, Dito juga pernah menjadi Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Youth Olympic 2018 di Argentina serta menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Di dunia politik, Dito aktif sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito juga diketahui menjadi Ketua Panitia HUT Ke-58 Golkar pada tahun lalu.

Advertisement

Source: antaranews
Dok : istimewa

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *