Eko Kuntadhi Menyarankan Syafiq Basalamah Buat Pelatihan Keramas Jenggot: Gak Usah Ceramah!

Syafiq Basalamah. Foto: Istimewa.

Aspiratif News – Larangan mempergunakan nama-nama yang diklaim menyekutukan Allah oleh Reza Basalamah memetik kritik media sosial. Kritik juga Hadir dari Pegiat Media Sosial Eko Kuntadhi.

Eko meminta Syafiq tidak usah ceramah. Menurut Eko, Syafiq lebih baik membikin pelatihan keramas jenggot yang efektif.

“Lebih baik gak usah ceramah, akhi. Mending kasih pelatihan cara keramas jenggot yang efektif,” kata Eko di Twitter, Senin (07/10/2019).

Eko menjelaskan bahwa Syafiq berlebihan lebay. Syafiq menjadikan orang beragama seperti mabuk ganja dalam arti tidak realistis.

“Bagi orang kategori ini (Syafiq, Red), beragama sama mabok ganja, bedanya tipis. Bawaanya lebay. Segala Bumi Pertiwi lah, haram. Katanya itu sama saja nyembah Dewi-Dewi,” ucap Eko dengan melampirkan video ceramah Syafiq Basalamah.

Syafiq Basalamah ramai dicibir di media sosial lantaran mencegah mempergunakan nama-nama yang dianggap dapat menyekutukan Allah seperti “Dewi Pertiwi” dan “Bumi Pertiwi”.

“Ada 1 bahasa yang sering diungkapkan oleh beberapa manusia, beberapa orang yang sebetulnya tidak boleh, yaitu dewi pertiwi atau bumi pertiwi,” ucap Syafiq dalam bagian ceramahnya.

Menurut dia pertiwi itu bermakna dewi penguasa bumi.

“Jika kita ngomong bumi pertiwi artinya kita meyakini ada Tuhan selain Allah,” kata dia.

Syafiq lantas Menyenggol beberapa nama Tuhan selain di agama Islam. Dia lantas mencegah juga pemanfaatan nama “sri” dan “wisnu”.

“Bahkan mereka ada dewi padi, siapa namanya, sri. Ibu-ibu ada yang namanya sri? diganti itu. Sri itu dewi padi. Waktu kita ngomong sri rahayu, kita sejatinya menetapkan, maka tadi ada namanya wisnu, mudah-mudahan cepat diganti,” ujarnya. [Aspiratif News/pin]


Eko Kuntadhi Sarankan Syafiq Basalamah Bikin Pelatihan Keramas Jenggot: Gak Usah Ceramah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *