Erick-Thohir-Tak-Ada-Formula-Paling-Benar-dalam-Penanganan-Covid-19.jpg

Erick Thohir: Tidak Ada Formula Paling Benar dalam Penanganan Covid-19

Diposting pada

Erick Thohir: Tidak Ada Formula yang Dinilai Paling Benar dalam Penanganan Covid-19

Penjelasan Erick Thohir Kenapa Pemerintah Tidak Lockdown, Bukan Semata-mata Karena Pentingkan Ekonomi

Erick Thohir, Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menerangkan, pilihan pemerintah untuk tidak melakukan lockdown bukan semata-mata karena lebih mementingkan faktor ekonomi dibandingkan kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Erick sewaktu memberi pemaparan dalam webinar yang digelar Kementerian Perhubungan, Selasa (15/9/2020).

“Pilihan pemerintah untuk tidak lockdown tentu bukan sesuatu juga keputusan yang seakan-akan cuma memproteksi untuk kepentingan ekonomi. Saya rasa tidak,” ujar laki-laki yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Erick menerangkan, tidak ada formula yang dinilai paling benar dalam penanganan Covid-19 ini. Sebab, pandemi Covid-19 ini baru ke-1 kali terjadi di dunia ini.

“Sebab Covid-19 ini seluruh negara tidak mempunyai formula apa yang dapat menangani Covid dengan pemulihan ekonomi. Formula masing-masing negara amat tak sama, karena sungguh belum pernah terjadi hal seperti ini, di mana kesehatan amat berdampak dengan namanya usaha, moneter, yang ini kita bicarakan seperti perfect storm,” kata dia.

Menurut eks bos Inter Milan itu, cuma China yang waktu ini kondisi perekonomiannya mulai pulih pasca pandemi Covid-19. Sebab, China ialah negara ke-1 yang terkena pandemi Covid-19

“Saya rasa China yang sungguh terkena lebih dahulu, karena itu dia mempunyai proteksi yang lebih advance dari negara lain. Kita lihat pertumbuhan ekonominya sendiri telah dapat recovery,” ucap dia.

Untuk Indonesia, lanjut Erick, kondisi perekonomiannya lebih baik dari negara G20 lainnya.

“Jikalau kita lihat negara-negara G20 lainnya, apakah India yang terkena minus 23 %, Inggris, Perancis, Amerika, kita dalam posisi yang amat baik. Jikalau dibandingkan negara Asia Tenggara juga sama seperti itu. Apakah dibandingkan dengan Malaysia, Filipina, Thailand, Singapura dan lain-lainnya,” ungkapnya. [suimber: kompas.com]

Erick Thohir: Tidak Ada Formula Paling Benar dalam Penanganan Covid-19

Erick Thohir: Tidak Ada Formula Paling Benar dalam Penanganan Covid-19

Baca Juga :  Sang ‘Captain America’ Salah 1 dari 20 Veteran Perang yang Bunuh Diri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *