gubernur-kalteng-dampingin-menhan-tinjau-lokasi-food-estate-komoditi-singkong-di-gunung-mas-SUE0svNqCw.jpg

Gubernur Kalteng Dampingi Menhan Tinjau Lokasi Food Estate Komoditi Singkong di Gunung Mas

Diposting pada

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran mendampingi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Gunung Mas. Kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kali ini adalah melihat lokasi pengembangan properti pangan singkong di Desa Tewaibaru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas.

Prabowo Subianto mengatakan pembangunan food estate ini menjadi keputusan Presiden Republik Indonesia. Maksud dan tujuan adalah untuk mengatasi segala kemungkinan yang dihadapi bangsa Indonesia terkait dengan krisis pangan dunia pasca pandemi yang sedang berlangsung.

“Apapun kita tidak bergantung pada negara lain,” katanya.

Sementara di lokasi penanaman singkong, Prabowo Subianto juga menyiarkan kunjungannya kali ini untuk menyerap aspirasi masyarakat sekitar terkait pengembangan food estate dan apa saja yang perlu disiapkan untuk pengembangan food estate hingga Kabupaten Gunung Mas. bekerja dengan baik. Kebijakan ini juga mendukung Program Stok Pangan Strategis Nasional. Areal pengembangan komoditas ubi kayu di Kalimantan Tengah diharapkan seluas 1 juta hektar (Ha), pengembangan komoditas ubi kayu dimulai dari Kabupaten Gunung Mas.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Senang Produktivitas Padi Tinggi dan Harga Gabah Petani Naik

Untuk tahun ini, pengembangan komoditas ubi kayu di Kabupaten Gunung Mas kurang lebih mencapai 30.000 hektar. Saat ini, 634 hektar lahan telah diolah dan 32 hektar telah ditanami ubi kayu.

Lebih lanjut Prabowo Subianto mengatakan komoditas ubi kayu dipilih untuk mendukung program cadangan pangan strategis nasional, karena singkong dapat menghasilkan banyak turunan, salah satunya pasta, tapioka dan mocaf.

Kapolda Kalimantan Tengah, Inspektur Jenderal Pol Dedi Prasetyo dan Komandan Korem (Danrem) 102 / Pjg Brigjen Purwo Sudaryanto, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Prov. Kalimantan Tengah Hj. Sunarti. Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Gunung Mas Baryen, serta Forkopimda setempat turut serta dalam pemerintahan Kabupaten Gunung Mas.[okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *