gus-dur-696x696.jpg

Gus Dur dan Bali | The Truly Islam

Diposting pada
Ilustrasinya, Kecamatan Bu Gedong dan Gus Dur Candi Dasa. Karangasem, Bali. (khusus)

Gus Dur selalu mengedepankan pluralisme di mana-mana. Ia mampu merangkul masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan lainnya.

Uniknya, meski berkeliling dunia, Gus Dur yang lahir dari kalangan NU sempat berkunjung ke kantor PWNU di Bali yang terletak di tanah airnya.

Alasan di balik posisi Gus Dur akhirnya terselesaikan. Disadur dari aswajadewata.com, hal itu diungkapkan Gus Ainun Ni’am saat memberikan keterangan 10 Haul Gus Dur di Gandhi Ashram Puri Denpasar pada Selasa 7/1/2020.

Gus Niam menjelaskan, keengganan KH. Gus Dur juga dibagikan oleh KH. Noor Hadi, Pengurus Perguruan Tinggi Islam Raudlatul Huffadz Tabanan yang juga Rois Syuriah PWNU Bali.

Menurut KH. Noor Hadi, seperti disampaikan Gus Ni’am, selama di Bali, Gus Dur kerap berkunjung ke Puri, Ashram, dan berkali-kali bertemu dengan sejumlah tokoh penting di kawasan pura yang tersebar di Bali.
Di sisi lain, Gus Dur jarang mengunjungi masjid dan tokoh Islam di Bali.

Gus Ni’am dalam kesempatan itu mengungkapkan respon yang mengejutkan ketika masyarakat Bali benar-benar menghormati dan menghormati Islam ala Nahdlatul Ulama.

Baca Juga :  Siapakah Orang yang Merobek Gambar Qassem Soleimani di Gaza?

Menurutnya, komunikasi lama Gus Dur dengan tokoh Hindu Bali tak lebih dari menitipkan minoritas muslim ke Bali.

“Saat ini kami merasakan manfaatnya, ketika berbisnis, kami selalu diterima bahkan dibantu oleh saudara-saudara kami yang beragama Hindu,” kata Gus Ni’am yang juga Presiden Rijalul Ansor di wilayah Bali.

Begitulah Gus Dur, selalu bertindak dengan proyeksi yang luas. Kini, warga Bali yang mayoritas beragama Hindu menjadikan Gus Dur sebagai panutan di tengah sentimen anti Islam. Nahdliyin sekarang dianggap sebagai saudara Hindu.

Sumber: https://www.facebook.com/groups/236538710217855/permalink/944127956125590/

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *