Connect with us

Edukasi

Hari Buku Nasional: Sejarah dan Tips Tingkatkan Literasi

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Hari buku nasional diperingati pada tanggal 17 Mei berdasarkan pada berdirinya Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pada 17 Mei 1980.

Dilansir dari situs resmi Kemendikbud, Hari Buku Nasional pertama kali diperingati pada tahun 2002. Hari Buku Nasional dicetuskan oleh Abdul Malik Fadjar yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dalam Kabinet Gotong Royong Presiden Megawati Soekarno Putri dan Hamzah Haz.

Alasan Abdul Malik Fadjar mencetuskan peringatan ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat di seluruh Indonesia yang saat itu masih tergolong rendah.

Lalu bagaimana cara meningkatkan litersi ? Yuk simak tips di bawah ini melansir dari amerta media.

Advertisement

1.Munculkan Niat Membaca
Munculkan niat yang serius, dan tanamkan dalam hati bahwa buku merupakan gudang ilmu pengetahuan, sehingga menjadi kebutuhan untuk membacanya.

2.Membuat list buku yang ingin dibaca
Carilah bahan bacaan yang membuat diri nyaman dan tentu ada pengetahuan yang didapatkan dari buku tersebut. Ketika membuat list buku, buat juga target minimal dan maksimal untuk kamu membacanya.

3.Menulis poin penting dari buku yang dibaca
Menulis kembali poin-poin penting setelah membaca suatu buku secara tidak langsung berarti kita mengulang kembali ingatan mengenai apa yang telah kita pahamu dari buku tadi dan ini salah satu metode agar buku yang dibaca sebelumnya teringat dalam otak.

4.Membaca diwaktu yang tepat
Semakin efektif dalam memilih waktu, otak dapat bekerja dengan baik sehingga lebih cepat dalam memahami isi buku yang dibaca.

5.Konsisten  
Cobalah untuk konsisten segala perbuatan tidak akan terasa dampaknya jika tidak dilakukan secara konsisten.

Advertisement

Itulah lima tips agar minat dan kualitas membaca mu lebih meningkat, mari membaca agar budaya literasi kita meningkat dan menuju Indonesia yang cerdas.

See also  Intelektual Muda Banten Abbadi Thalib Ikut Sambut Meriah Presiden Jokowi di Melbourne

Dok : Pixabay

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *