Hari-Ini-Jokowi-Lantik-Listyo-Sigit-Prabowo-Jadi-Kapolri.jpg

Hari Ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Diposting pada

Hari Ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Sumber: Liputan6

Jakarta, Warta Batavia—Pagi ini, Listyo Sigit Prabowo telah resmi menjabat sebagai Kapolri. Dengan menjalani pelantikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia kini resmi berpangkat jenderal.

Acara pelantikan ini dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Dilansir dari Detiknews, pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’. Kemudian dibacakan Keppres tentang pengangkatan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Jokowi kemudian memandu pembacaan sumpah jabatan Listyo Sigit Prabowo.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Sigit.

Baca Juga :  Pemerintah Butuh Waktu 15 Bulan Jalankan Vaksinasi Covid-19 di 34 Provinsi

Sebelumnya, DPR menyetujui Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Persetujuan Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil fit and proper test, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

Dalam fit and proper test di Komisi III DPR, Listyo Sigit Prabowo berjanji akan membawa Polri makin profesional dalam berbagai bidang, termasuk penegakan hukum. (ra/detik)

Hari Ini, Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *