Hilmar.jpeg

Hilmar Akui Alpa Nama KH Hasyim Asy’ari Tidak Ada di Kamus Sejarah, Warganet: Orangnya Gubernur 212!

Diposting pada
Hilmar Hilmar Akui Nama KH Hasyim Asy'ari Tak Ada Dalam Kamus Sejarah, Warganet: Orangnya Gubernur 212!
Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan nama pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa, Hasyim Asy’ari, sengaja tidak ada dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I. (CNN Indonesia / Bimo Wiwoho)

Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengaku pihaknya sengaja melakukan kesalahan terkait nama pendiri NU KH Hasyim Asy’ari dalam Kamus Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saya akui ini keliru. Tapi ya lewat kelalaian, bukan sengaja. Ini yang ingin saya sampaikan,” kata Hilmar dalam jumpa pers online, Selasa (20/4), seperti dikutip CNN.

Menurutnya, absennya nama Hasyim Asy’ari dalam jilid Kamus Sejarah Indonesia yang saya terbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berisiko terabaikan dalam penyusunan kamus. Karena menurutnya menyusun kamus tidak seperti menulis cerpen.

Baca: Rizieq Sebut Aher PKS Beri Restorasi Syariah Markaz, Ini Bantahan Pemprov Jabar

Klarifikasi netizen menuai bantahan dan kritik dari netizen. Warganet menilai hal tersebut disengaja. Salah satu netizen mengungkapkan bahwa Hilmar merupakan gubernur 212.

“HILMAR FARID ADALAH GUBERNUR 212 | yang diangkat pada era KADRUN, yang kini menjabat sebagai Gubernur 212 sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kelompok ini adalah “MELAWAN” rencana Nadiem untuk memasukkan Pendidikan Pancasila dan BI ke dalam kurikulum sekolah. . . CUK !! “, Tulis @_AnakKolong

Baca Juga :  Viral Video Siswa-Siswi Minta Rizieq Dibebaskan, Warganet : Usut Provokatornya!

Tidak ada salahnya membatalkan, sudah dibatalkan, rencananya sudah terstruktur, tambah @ Exis78

Zonder, nama Hasyim Asy’ari dalam Kamus Sejarah Indonesia, sebelumnya sempat menuai kontroversi. Kritik lain termasuk presiden Lingkaran Perserikatan Bangsa-Bangsa, Gatot Prio Utomo. Ia mengaku tersinggung dan kecewa dengan keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencopot tokoh utama Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Baca: Warga PBB Protes Hilangnya KH Hasyim Asy’ari Dari Kamus Sejarah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Beri Jawaban

Mengutip situs Pustaka Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebuah buku berjudul Kamus Sejarah Indonesia: Jilid I tercantum dalam keterangan penerbit Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan. Buku tersebut juga dapat dipinjam dengan kode 959.8 DIA k.

“Kami tersinggung dan kecewa dengan terbitnya kamus sejarah Indonesia ini. Di dalam kamus itu ada foto Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari tapi namanya tidak ada, jadi pura-pura hapus nama dan resume-nya. Kami minta agar para kamus itu direvisi dan ditarik dari peredaran, ”ujarnya seperti dikutip situs resmi NU Circle.

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *