Connect with us

Bisnis

Himbara Pastikan Siap Dukung Hilirisasi Industri yang Dicanangkan Pemerintah

Published

on

Himbara Pastikan Siap Dukung Hilirisasi Industri yang Dicanangkan Pemerintah

Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Sunarso, memastikan pihaknya mendukung program pemerintah terkait hilirisasi industri. Ia mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendorong perbankan untuk memperkuat upaya hilirisasi.

Sunarso mengungkapkan hilirisasi yang dilakukan bisa menghasilkan nilai tambah pada komoditas.

“Hilirisasi itu bagian dari point of no return. Tadi ditegaskan lagi oleh Presiden bahwa hilirisasi ini tidak bisa berhenti, tidak bisa kembali, maka industri perbankan committed untuk mendukung proses hilirisasi dalam rangka agar seluruh rangkaian nilai tambahnya dari proses itu dinikmati oleh masyarakat Indonesia,” ujar Sunarso usai bertemu Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/1).

“Kita sampaikan, dapat arahan dari presiden untuk mendukung hilirisasi industri terutama hilirisasi industri yang berbasis ekstraksi natural resources,” tambahnya.

Advertisement

Pemerintah sudah melakukan hilirisasi pada komoditas nikel. Imbas kebijakan itu, Indonesia digugat sejumlah negara Uni Eropa ke World Trade Organization (WTO). Meski begitu, pemerintah menegaskan tidak akan mundur untuk melakukan hilirisasi.

Bahkan, Presiden Jokowi telah mengumumkan akan kembali menghentikan ekspor bijih bauksit pada Juni 2023. Hal itu dilakukan untuk mendorong industri hilirisasi dalam negeri.

Jokowi memprediksi jika industrialisasi bauksit dalam negeri ini terus digenjot seiring dengan pelarangan ekspor, setidaknya pendapatan negara akan bertambah dari sebelumnya Rp 21 triliun menjadi Rp 62 triliun.

Advertisement
See also  UMKM Binaan BI Gorontalo Memperluas Promosi Hingga Ke Negara ASEAN
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *