Gambar Honda EX5

Honda EX5 2020, Kembaran Astra Grand Harga 15 Jutaan | Aspiratif News

Diposting pada

Aspiratif News

Honda EX5 2020 Adalah motor teranyar yang diluncurkan Honda Malaysia. Motor ini mempunyai desain amat unik, sebab desainnya kelihatan mirip dengan Astrea Grand yang Adalah motor bebek legendaris di Indonesia.

Motor ini dipasarkan secara spesial untuk pasar Malaysia. Tetapi tidak menutup kemungkinan PT. Astra Honda Motor akan memasukannya ke Indonesia. Apalagi sekarang tengah tren motor bergaya retro.

sebelum ini PT AHM juga mengumumkan 2 motor bergaya retro di Indonesia, yaitu Honda Monkey dan Honda Super Cub C125. Keduanya dibanderol amat mahal, sebab dijual dengan harga melebihi 60 Juta Rupiah.

Nah yang menarik dari Honda EX5 ialah harganya cuma Rp. 15 Jutaan. Dengan harga semurah itu, tentu banyak orang tertarik membelinya, khususnya para pecinta motor retro di Indonesia. Tetapi jangan ingin motor ini mempunyai fitur dan spesifikasi yang hebat, sebab semuanya standar sehingga sebanding dengan harga jualnya yang murah meriah.

Review Motor Honda EX5

Gambar Honda EX5

Anda semua seluruh pasti penasaran ingin mengetahui spesifikasi Honda EX5. Untuk spesifikasinya sendiri dilengkapi mesin 4 tidak berpendingin udara dengan kemampuan sebesar 109cc. Mesin tersebut telah dilengkapi teknologi PGM-FI sehingga konsumsi bahan bakarnya amat irit.

Lalu untuk tenaganya sebesar 8.54 horsepower dan torsi 8.62 Nm. Hadirnya sistem pembakaran injeksi (PGM-FI) menjadikan performa mesin Honda EX5 lebih responsif. Kecuali itu, tersedia pula sistem transmisi 4 percepatan untuk menaikkan kesanggupan akselerasi.

Tidak ada yang istimewa dari segi mesin. Tetapi yang menarik, motor ini telah mempergunakan mesin injeksi yang membuatnya tidak kalah modern dari motor zaman now. Padahal dari segi desain kelihatan amat klasik sebab terinspirasi dari Honda Grand.

Honda Malaysia menyediakan 4 pilihan kelir yang terdiri dari Pearl Nightfall Blue dan Pearl Magellanic Black, Candy Scintillated Red, Space Magenta Metallic. Ke-4 kelir tersebut membalut bodi Honda EX5 yang mempunyai ukuran panjang 1.923 mm, lebar 696 mm, dan tinggi 1046 mm.

Motor ini juga mempunyai sumbu roda berjarak 1.212 mm. Lalu untuk bobotnya seberat 97 kg untuk varian velg jari-jari dan 99 kg untuk velg racing. Dimensinya amat ideal dengan desain secara keseluruhan yang mencerminkan motor bebek bergaya retro.

Waktu menyaksikan motor ini mungkin Anda semua mengira Adalah Honda Astrea Grand yang telah direstorasi. Desainnya sungguh amat mirip dengan bentuk lampu yang klasik dan masih mempergunakan lampu halogen standar. Pada bagian belakang juga terpasang pegangan berlapis chrome dan untuk bodinya dibalut grafis bergaya retro.

Image klasik juga kelihatan dari suspensi belakang yang dilindungi cover. Adapun untuk suspensi depan mempergunakan teleskopik. Lalu untuk bagian rem menggunakan rem depan dan belakang bertipe tromol.

Honda menyediakan 2 kategori velg, ialah jari-jari dan racing. Keduanya dibalut ban tubetype dengan ukuran 70/90-17M/C 38P untuk bagian depan dan ban belakang 80/90-17M/C 50P. Kecuali itu, tersedia pula tangki bahan bakar berkapasitas 4.3 liter yang Ada dibawah jok.

Apabila berbicara kekurangan, tentu motor ini mempunyai banyak sekali kekurangan. Bahkan speedometernya masih bergaya analog yang memberi Citra amat jadul. Tetapi kekurangan tersebut bukan problem, sebab target Honda membikin EX5 ialah untuk menjarig minat para pecinta motor bergaya retro.

Spesifikasi Honda EX5

Spesifikasi Honda EX5

DIMENSI 
Panjang
Lebar 696 mm
Tinggi 1.046 mm
Wheelbase 1.212 mm
Berat 97 kg  (Jari-Jari) / 99 kg (Racing)
Kemampuan Tangki 4.3 Liter
MESIN
Tipe Mesin 4 Tidak, 1 Silinder SOHC
Sistem Pendingin Pendingin Udara
Kemampuan Mesin 109 cc
Tenaga 6.37 kW / 7,500 rpm
Torsi 8.62 Nm / 6,000 rpm
Sistem Pembakaran PGM-FI
Transmisi Manual 4 Percepatan
Bore X Stroke 50.0 x 55.60 mm
Rasio Kompresi 9.3 : 1
KAKI-KAKI 
Ban Depan 70/90-17M/C 38P
Ban Belakang 80/90-17M/C 50P
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Suspensi Ganda
PENGEREMAN 
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol

Seperti yang Anda semua lihat di atas, spesifikasi Honda EX5 sungguh pas-pasan. Kita tidak akan menemui fitur dan teknologi hebat pada motor ini, kecualit teknologi PGM-FI yang sudah dibawanya. Nah yang jadi pertanyaan sekarang, berapakah harga Honda EX5 di Indonesia?

Berapa Harga Honda EX5?

Harga Honda EX5

Motor ini sungguh bukan untuk pasar Indonesia. Tetapi tidak ada salahnya kita mengetahui berapa harganya. Di Malaysia motor ini dipasarkan dengan harga RM 4.785 atau setara Rp. 15.8 Jutaan. Harga tersebut dikhususkan untuk tipe jari-jari yang tersedia dalam pilihan kelir biru serta merah.

Adapun untuk versi velg jari-jari dijual dengan harga sebesar RM 5.009 atau setara Rp. 16.5 Jutaan. Harganya sungguh amat murah, sebab kita dapat mendapatkannya dengan harga dibawah 20 Juta Rupia. Tetapi dapat saja harga di Indonesia lebih mahal apabila nantinya AHM memasukannya ke Indonesia.

Kembaran Honda Astrea Grand ini dapat jadi alternatif bagi yang mencari motor bebek murah meriah dengan desain anti-mainstream. Mari kita menanti berita berikutnya dari PT Astra Honda Motor, apakah akan memasukannya ke Indononesia atau tidak.

Honda EX5 2020, Kembaran Astra Grand Harga 15 Jutaan | Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *