Connect with us

News

Indonesia Jalin Kerja Sama ‘Galang Kapal’ dengan Maladewa

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Presiden Maladewa Ibrahim Mohamed Solih mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kehadiran industri galangan kapal Indonesia di Maladewa.

Hal tersebut disampaikan Presiden Maladewa saat berkunjung ke booth Indonesia dalam Maldives Marine Expo (MME) 2023 yang diselenggarakan di Hulhumale, Maladewa pada 15–18 Maret, demikian menurut keterangan KBRI Colombo pada Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI untuk Sri Lanka dan Maladewa Dewi Gustina Tobing menyampaikan tentang potensi kerja sama industri galangan kapal dan industri pendukungnya antara Indonesia dan Maladewa yang secara gencar telah dilakukan oleh KBRI Colombo dalam beberapa tahun terakhir.

Dubes Dewi juga mempromosikan kemampuan Indonesia untuk memproduksi sejumlah kapal perang, antara lain KRI R.E. Martadinata, KRI I Gusti Ngurah Rai, KRI Golok, termasuk KRI Alugoro yang merupakan kapal selam buatan Indonesia.

Advertisement

Selain menyambut kehadiran dan partisipasi KBRI Colombo dalam pameran tersebut, Presiden Mohamed Solih juga berharap kerja sama kedua negara dapat terus meningkat di berbagai bidang.

Pameran tahunan MME yang telah memasuki tahun ke-8 itu merupakan salah satu pameran terbesar di Maladewa dan menarik pengunjung tidak hanya pelaku bisnis di Maladewa namun juga pelaku bisnis di India, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, Inggris, Jepang, Korea dan negara lainnya.

Sebanyak 100 perusahaan/pihak mengisi 170 booth yang tersedia, termasuk KBRI Colombo yang menampilkan industri galangan kapal Indonesia serta industri komponen pendukungnya.

Menurut KBRI Colombo, Maladewa merupakan salah satu negara dengan potensi kerja sama industri galangan kapal yang cukup menjanjikan.

Sebagai negara kepulauan yang bergantung pada sektor perikanan dan pariwisata, hampir seluruh rumah tangga di Maladewa memiliki setidaknya satu kapal runabout yang menjadi sarana transportasi utama dan juga sebagai alat utama mata pencaharian masyarakat Maladewa.

Advertisement

Meskipun kehadiran Indonesia dalam pameran MME 2023 itu merupakan kali pertama, para pengunjung menyambut positif dengan masuknya berbagai permintaan atas produk-produk Indonesia, kata KBRI Colombo.

See also  Staf Ahli Kemenkeu Sebut Bagi Pekerja di IKN Tak Perlu Bayar Pajak

Dari kegiatan pameran tersebut, KBRI Colombo menerima beberapa permintaan keterangan tentang produk-produk kapal Indonesia baik berupa tongkang, kapal tunda, kapal penumpang yang terbuat dari kayu dan serat, kapal mewah dan yacht.

Selain itu, ada juga permintaan untuk komponen pendukung pembuatan kapal seperti resin dan lain sebagainya.

Permintaan keterangan itu tidak hanya datang dari pengusaha Maladewa, tetapi juga dari pengusaha Inggris, India dan Sri Lanka.

Beberapa perusahaan juga tertarik untuk melakukan penjajakan lebih lanjut untuk melakukan pembukaan kantor perwakilannya di Indonesia sebelum melakukan kerja sama investasi lebih lanjut dengan perusahaan Indonesia, demikian keterangan KBRI Colombo.

Advertisement

Source: antaranews
Dok : ist

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *