didu.jpg

Informasi Sesat Menghambat Program Vaksinasi

Diposting pada
Ilustrasi

Hari ini saya mengobrol panjang dengan tim petugas kesehatan yang sedang dalam perjalanan ke desa di Jawa Tengah untuk mendapatkan vaksinasi lansia. Seorang dokter mengeluhkan jarangnya yang hadir, kurang dari 50 persen lansia yang terdaftar sering berkunjung ke Desa Puskesmas Pembantu.

Padahal vaksin ini sangat penting untuk melindungi para lansia yang merupakan kelompok rentan akibat Covid19.

Dokter ini memperkirakan mengapa banyak yang mangkir, karena ada sebagian masyarakat yang takut divaksinasi akibat arus informasi yang beredar di masyarakat. Banyak orang lanjut usia memiliki akses ke televisi, dan beberapa dari mereka bahkan pernah berpartisipasi dalam percakapan kelompok.

Informasi palsu, teori konspirasi, terutama yang bersifat menakutkan, seperti vaksin dapat membunuh, memicu serangan jantung, dipercaya lebih dari sekedar klarifikasi. Dan kelompok ini mungkin tidak dapat membandingkan dan mengurutkan informasi dengan benar.

Ketiadaan cakupan vaksinasi tentunya tidak hanya akan berdampak pada masyarakat sendiri yang tetap rentan, tetapi juga berpotensi memperpanjang pandemi ini. Fasilitas kesehatan juga dapat terpengaruh oleh kasus Covid19 yang parah, yang sebagian besar terjadi di kalangan lansia.

Baca Juga :  Dalang Ledakan di Nashville Indikasikan Tak Ingin Ada Korban

Oleh karena itu, pilihan informasi kita dapat memengaruhi cara orang lain membuat keputusan. Jika kita teliti dan hati-hati, kita juga bisa menyelamatkan orang lain.

Di sisi lain, jika kita lalai, pada akhirnya kita bisa merugikan atau merugikan orang lain. Bahkan jika kita tidak melihatnya di depan mata kita, terapi flu buruk kita dapat menyebar melalui teknologi digital ini.

Jadi teman-teman, mari lebih bertanggung jawab, setidaknya di jendela media sosial kita masing-masing. Alhamdulillah, jika ada lebih banyak tenaga, akan membantu mengoreksi kesalahan pada berbagai kelompok di lingkungan kita.

Muhammad Jawy

Sumber: https://www.facebook.com/100007033081538/posts/3013007325610341/

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *