2613967921.jpg

Informasi Terkini soal Rencana Pemberian SIM Gratis

Diposting pada
2613967921 Informasi terbaru tentang paket SIM gratis

Beberapa waktu lalu, dikabarkan biaya untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis mengalami kenaikan. Hal tersebut disampaikan melalui pidato Presiden Joko Widodo di awal tahun 2021.

Penyediaan SIM gratis dilaporkan direncanakan khusus untuk masyarakat miskin.

Meski begitu, kata SIM Kasi Polda Metro Jaya, Kompol Agung Permana, kebijakan tersebut saat ini masih dalam pembahasan.

“Jadi aplikasi SIM gratisnya perlu disesuaikan di Perkap, sedangkan Perkap yang sekarang belum dirilis,” kata Agung kepada Kompas.com belum lama ini.

“Lagi-lagi soal ukuran, persyaratan dan prosedur harus disetujui oleh menteri keuangan (menteri keuangan),” ujarnya.

Sebagai informasi, kabar adanya SIM gratis sebelumnya telah dicantumkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 tentang jenis dan tarif jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang diberlakukan oleh Polri. Republik Indonesia.

Dalam peraturan ini, ada 31 jenis PNBP yang berlaku di lingkungan Polri, termasuk yang diterbitkannya SIM. Baik akan membuat SIM baru, memperbarui SIM, atau menguji penerbitan sertifikat bukti keterampilan mengemudi.

Baca Juga :  Lagi, Imigran Zionis Tebangi Pepohonan Zaitun di Tepi Barat

“Dengan beberapa pertimbangan, tarif jenis PNBP sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 dapat ditetapkan sebesar Rp 0,00 (nol rupee) atau 0 persen (nol persen)”, tulis Pasal 7 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 76 pada tahun 2020.

Namun, tidak semua orang dapat menikmati layanan tanpa SIM. Ada beberapa kelompok yang mendapat pertimbangan berbeda.

Misalnya untuk penyelenggaraan kegiatan kemasyarakatan, kegiatan keagamaan, kenegaraan, kondisi force majeure atau kondisi di luar kemampuan membayar, fakir miskin, pelajar atau mahasiswa, serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).[kompas.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *