Connect with us

Edukasi

Ingin Lanjut S2? Ini Tips Kuliah di Amerika Serikat

Published

on

ASPIRATIF.com -Ingin lanjut S2 di Amerika? Sebelum mendaftar, salah satu hal penting yang perlu kamu riset adalah biaya kuliah. Tapi, kamu bisa lho kuliah gratis di Negeri Paman Sam.

Amerika Serikat merupakan tempat dari beragam universitas top dunia. Dari Harvard University hingga Massachusetts Institute of Technology (MIT) bisa kamu temukan di Amerika.

Mendominasi ranking universitas dunia tentu bukan tanpa alasan. Universitas di Amerika menyediakan pengajar serta fasilitas terbaik untuk mahasiswanya.

Kualitas ini mengikuti biaya kuliah di Amerika yang cenderung lebih tinggi dibanding biaya kuliah di Indonesia. Meski demikian, kamu bisa meraih gelar Magister di Amerika Serikat secara gratis.

Advertisement

Bagaimana caranya? Yuk simak berikut ini.

5 Cara Kuliah Gratis di Amerika Serikat
1. Beasiswa
Beasiswa tentu bukan hal yang asing bagi para pelajar. Dina Iskaros, Director of Graduate Admissions dari Stevens Institute of Technology mengungkapkan jika saat ini semua universitas di Amerika Serikat membuka beasiswa untuk mahasiswanya.

“Setiap universitas di Amerika Serikat menyediakan beasiswa. Di Stevens, kami memberikan lebih dari 1 juta dolar AS beasiswa setiap tahunnya,” ujar Dina dalam Times Higher Education (THE) Talk Global Study Fair Jakarta, di Pullman Central Park, Jakarta, Minggu (29/10/2023).

Setelah diterima sebagai mahasiswa, Dina menerangkan jika para mahasiswa baru ini secara otomatis akan masuk dalam seleksi beasiswa. Bahkan saat ini, Stevens sedang melakukan rekrutmen besar-besaran untuk mahasiswa dari Indonesia.

“Ini adalah kali pertama Stevens membuka pendaftaran di indonesia. Jadi saya ingin meningkatkan jumlah mahasiswa Stevens dari Indonesia secara masif,” ujarnya.

Advertisement

Sebagai informasi, saat ini ada 12 mahasiswa Indonesia yang belajar di Stevens Institute of Technology.

See also  Museum Tempat Belajar Kearifan Lokal dan Budi Pekerti

2. Asistensi
Asistensi atau assistantship adalah cara lain kamu bisa mengikuti perkuliahan secara gratis. Di Stevens Institute of Technology, mahasiswa bisa mengikuti tiga jenis asistensi, yaitu asisten profesor, asisten riset, dan asisten kampus.

Dari asistensi ini, mahasiswa bisa mendapat pengalaman baru serta upah.

“Mahasiswa bisa mendapat 30.000 dollar AS selama asistensi kampus,” jelasnya.

3. Student Loans
Student loans adalah sistem peminjaman dana pendidikan dari Amerika Serikat. Setelah lulus, mahasiswa diwajibkan untuk membayar pinjaman tersebut.

Advertisement

Jika kamu berminat dan yakin bisa membayar, kamu bisa memanfaatkan student loans ini.

4. Sponsor
Sponsor bisa datang dari mana saja. menjelaskan jika ada beberapa institusi yang bersedia memberikan sponsor pendidikan.

“Jika kamu berhasil mendapat sponsor itu, kamu mendapat bantuan biaya kuliah dan tunjangan hidup. Setelah lulus, kamu akan diminta untuk kembali ke Indonesia 2 tahun untuk berkontribusi pada negara,” ujarnya.

5. Pekerjaan
Terakhir, Dina mengungkapkan jika ada perusahaan yang bersedia membiayai kuliah pegawainya. Ia mendorong pemburu studi di Amerika untuk menanyakan hal ini kepada perusahaan.

“Jadi jika kamu memiliki pekerjaan, mereka bisa membantumu membayar biaya kuliah,” pungkas Dina.

Advertisement

Itulah lima cara kuliah gratis di Amerika Serikat.

Source: antaranews
Dok: Columbia University

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *