Connect with us

News

Ini 8 Capaian Bahasa Indonesia Tahun 2023 dan Menjadi Bahasa Resmi Sidang UNESCO

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Prof Endang Aminudin Aziz, MA, PhD beberkan delapan capaian Bahasa Indonesia di tahun 2023. Ia menjelaskan capaian ini telah mengangkat kehormatan bahasa Indonesia baik tingkat nasional hingga internasional.

“Capaian di tahun 2023 telah mengangkat muruah (kehormatan) Badan bahasa sebagai lembaga kebahasaan yang mempunyai tugas melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra,” ujar Aminudin.

Hal tersebut disampaikannya dalam acara Taklimat Media “Capaian Badan Bahasa 2023 dan Kata Tahun Ini” yang berlangsung di Hotel Century, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Seluruh capaian tersebut berdasarkan tiga program prioritas Badan bahasa yaitu Perlindungan Bahasa dan Sastra, Literasi kebahasaan dan Kesastraan, serta Internasionalisasi Bahasa Indonesia.

Advertisement

Namun, di luar program badan bahasa memiliki dua capaian besar yakni dengan penganugerahan gelar Pahlawan nasional oleh Presiden Republik Indonesia kepada M Tabrani serta ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dalam Sidang Umum UNESCO pada 20 November 2023 mendatang.

8 Capaian Bahasa Indonesia 2023
1. Peningkatan literasi generasi muda dan pemberdayaan komunitas literasi
Diketahui di tahun 2023 literasi generasi muda mengalami peningkatan berjumlah hingga 14.829 orang di mana 745 orang terjadi di DKI Jakarta dan 14.084 orang di provinsi lainnya.

Selain itu juga dilakukan pemberdayaan generasi muda sebanyak 14.829 orang yang menghasilkan 930 konten kebahasaan dan kesastraan.

Di dalamnya termasuk pula bimbingan teknis pemberdayaan komunitas literasi di berbagai wilayah Indonesia.

2. Indeks Kemahiran Berbahasa Indonesia
Indeks kemahiran Berbahasa Indonesia tahun 2023 meningkat hingga 88.07% dari 81,02% pada data sebelumnya. Per-bulan Desember 2023, lebih dari 609 ribu peserta Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) telah tersertifikasi.

Advertisement

Untuk pelayanan ahli bahasa dan pembinaan lembaga, tercatat sepanjang tahun 2023 sejumlah 650 layanan terjadi.

See also  Ma'ruf Amin Dorong Pertukaran Pelajar Indonesia-Jepang

Dengan rincian, 138 layanan ahli bahasa melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra serta 512 melalui balai/kantor bahasa.

3. Perkamusan dan Peristilahan
Pada tanggal 11 Maret 2023, tepatnya pukull 10.20 WIB, angka pencarian pada laman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring menyentuh angka 200 juta pencarian.

Pada perhelatan Kongres Bahasa Indonesia XII juga diluncurkannya KBBI VI, Aplikasi PASTI hingga Kelas Mahasir Leksikografi yang diampu oleh profesional.

Dalam bidang keilmuan, tim berhasil menerbitkan edisi spesial Lexicography: Journal of Asialex yang terindeks Scopus dengan tema Indonesian Lexicography.

Advertisement

4. Pentingnya pelestarian bahasa daerah
Aminudin Aziz menjelaskan pelestarian identitas bangsa ini adalah tanggung jawab bersama yang harus dilakukan bersama-sama.

Praktik pelestarian bahasa daerah tidak bisa dilakukan dengan pola yang seragam.

Alasannya karena daya hidup bahasa beragam, banyak bahasa yang kritis dan terancam punah terutama di wilayah timur dan penutur jati tidak digunakan lagi.

5. Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional (HBII) 2023
Indonesia terpilih sebagai Co-organiser Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional di Prancis (Paris) secara tatap muka (luring) dan daring.

Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional dimanfaatkan sebagai momen untuk semakin mempertegas komitmen Indonesia dalam menjaga dan melestarikan bahasa ibu yang merupakan bahasa pertama diajarkan oleh orang tua kepada anak.

Advertisement

6. Pembuatan Produk Pemodernan Sastra
Badan Bahasa telah mengalihwahanakan legenda Nusantara dalam bentuk film animasi sebanyak 33 judul yang bekerja sama dengan 8 universitas dan 14 Sekolah Menengah Kejuruan.

Film animasi ini bisa disaksikan melalui kanal YouTube Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

7. Peningkatan fungsi Bahasa Indonesia
Dalam peningkatan fungsi bahasa Indonesia tercatat dengan capaian program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Sidang Umum UNESCO.

See also  Anies: IKN Hanya Dirasakan oleh Aparat, Bukan Rakyat

8. Penerjemahan buku cerita anak yang bermutu dan menarik
Setidaknya ada 2473 buku terjemahan cerita anak (1250 dari bahasa asing & 1223 dari bahasa daerah) berbasis Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics. Buku-buku tersebut dapat diakses di laman https://penerjemahan.kemdikbud.go.id/.

Itulah 8 capaian Bahasa Indonesia di tahun 2023, semoga setiap tahunnya terus mendunia

Advertisement

Source: Detikcom

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *