Connect with us

Bisnis

Ini Alasan Masyarakat Indonesia Suka Belanja Online di Shopee

Published

on

JAKARTA, ASPIRATIF.com – Pada era digital ini, belanja online menjadi salah satu kebiasaan lumrah yang dilakukan oleh masyarakat. Selain karena kemudahan berbelanja tanpa harus keluar rumah, sejumlah e-commerce juga berlomba-lomba memberikan sejumlah promo, diskon besar-besaran, hingga fitur yang membuat pengguna merasa aman dan nyaman ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Berdasarkan Survei Penetrasi dan Perilaku Internet 2023 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ada beberapa alasan masyarakat berbelanja secara online. Alasan tersebut antara lain adanya diskon dan promo (29,24%), harga jauh lebih murah (20,72%), lebih cepat dan praktis (17,87%), bisa dilakukan di mana saja (15,77%), hemat waktu (8,26%), mudah membandingkan barang yang akan dibeli dan banyak pilihan harga (8,14%).

Kemudian, berdasarkan hasil survei yang dilakukan kepada lebih dari delapan ribu responden tersebut menunjukkan Shopee mendapat peringkat pertama sebagai marketplace favorit pembeli dengan persentase 56,04%.

Keunggulan Shopee sebagai platform belanja online terfavorit masyarakat Indonesia juga dikukuhkan oleh survei yang dipublikasikan oleh Ipsos pada tahun 2023. Hasil dari survei menunjukkan sebanyak 62% responden memilih Shopee sebagai platform untuk berbelanja secara online karena banyaknya promo dan diskon yang konsisten diberikan hingga saat ini.

Advertisement

Sebagai pelopor tanggal kembar, Shopee konsisten memberikan berbagai penawaran menarik di setiap bulannya, khususnya di beberapa kampanye besar bulanan, seperti 9.9 Super Shopping Day, 10.10 Brands Festival, 12.12 Birthday Sale sekaligus Promo Hari Belanja Online Nasional. Melalui promo ini, pembeli dapat dengan mudah menemukan promo maupun diskon terbaru melalui menu Notifikasi dan Promo Shopee.

Melalui riset Populix bertajuk ‘Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia’ pada bulan Juni lalu, Sebanyak 91% pembeli memanfaatkan promo gratis ongkir, 87% memburu diskon, 65% cashback, 47% voucher belanja, 34% special bundle, dan 20% exclusive product launch.

Hadir sejak tahun 2015, Shopee telah memberikan promo, diskon, hingga cashback. Akan tetapi, promo gratis ongkir menjadi promo yang paling diburu oleh pembeli. Di setiap bulannya, Shopee memberikan promo gratis ongkir tanpa minimum pembelian hingga Rp. 0.

See also  Cerita Hari Raya Idul Fitri di Negara ASEAN

Bukan hanya pembeli, penjual yang menjajakan dagangannya di Shopee juga mendapatkan banyak manfaat dari promo dan diskon yang ditawarkannya.

Hal ini dirasakan oleh salah satu penjual asal Pati Syafiun Najib (25) yang terkena PHK saat pandemi COVID-19 sehingga memutuskan untuk menjual produk dekorasi dinding berupa kaligrafi.

Advertisement

Syafiun mengatakan ia memilih Shopee sebagai platform berjualan online karena pelanggannya di Instagram selalu meminta ketersediaan bertransaksi melalui Shopee. Ia merasakan adanya peningkatan intensitas penjualan produknya setelah mencoba fitur promo paket combo atau special bundle yang diberikan Shopee.

“Awal-awal lewat promo 3.3 dan 4.4 mulai ada puluhan yang beli produk kaligrafi kami. Terus lewat fitur paket combo, alhamdulillah penjualan kaligrafi meningkat drastis, bisa sampai 600 orderan lebih per bulannya,” ujar Syafiun dalam keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Berkat beragam promo serta diskon yang menarik, Syafiun mampu mengantongi omzet hingga puluhan juta tiap bulannya. Bahkan, ia mengaku senang produk kaligrafinya bisa dikenal konsumen mancanegara seperti Singapura dan Malaysia.

Lewat kampanye tematik, promo tanggal kembar, serta fitur diskon dan cashback, Shopee menarik banyak pembeli dan menjadi marketplace favorit untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para pembeli. Hal ini dinilai menjadi potensi besar bagi Shopee untuk memperkuat posisinya sebagai marketplace yang memberikan keuntungan, baik bagi pembeli maupun penjual karena menstimulasi pertumbuhan bisnis yang positif bagi mereka berjualan secara online.

Source: Detikcom
Dok: Humas ShopeePay

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *