Connect with us

Edukasi

Ini Cara Atasi Mata dari Paparan Layar Gadget

Published

on

SERANG, ASPIRATIF.com – Sebuah studi terbaru mengungkapkan, kacamata dengan lensa blue light sebenarnya tak benar-benar melindungi mata dari paparan sinar biru. Kerap beredar anggapan, sinar biru ini berasal dari layar gadget seperti laptop dan handphone.

Hasil studi tersebut diperoleh dari riset peneliti Inggris dan Australia. Mereka meninjau data dari 17 uji coba terkontrol secara acak dari enam negara berbeda. Dari risetnya itu, mereka tidak menemukan bukti bahwa lensa blue light efektif mencegah kerusakan retina akibat paparan cahaya biru.

Menurut dokter spesialis mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM(K) kacamata dengan lensa blue light memang memiliki filter yang berfungsi mengurangi jumlah spektrum cahaya biru yang masuk ke mata. Cahaya biru ini akan berdampak buruk pada mata jika cahaya tersebut mengenai mata dalam jumlah besar.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa cahaya biru dari gadget seperti layar monitor menimbulkan efek bahaya pada mata. Di samping itu, yang diketahui berisiko memicu kerusakan pada mata adalah cahaya biru yang bersumber dari sinar matahari.

Advertisement

Namun demikian, ada sejumlah cara yang dianjurkan oleh dr Zeiras untuk masyarakat agar tetap bisa meminimalkan risiko paparan sinar biru dari penggunaan gadget seperti laptop dan handphone. Disarankannya, sebaiknya sempatkan beristirahat beberapa menit saat sedang beraktivitas di depan layar monitor.

“Bagi yang beraktivitas di depan layar monitor atau gadget adalah menggunakan 20-20-20 rule yaitu setiap 20 menit, beristirahat 20 detik dan melihat 20 feet (20 meter),” ungkap dr Zeiras, Rabu (23/8/2023).

“Hal ini dianggap bisa mengurangi efek layar monitor terhadap mata terutama dari efek mata lelah dan mata kering. Atur juga kontras sensitivitas layar monitor agar nyaman untuk mata penggunanya,” imbuhnya.

See also  Jokowi dan Keluarga Dilaporkan ke KPK

Selain itu dr Zeiras menjelaskan, sejumlah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya biru dari gadget yang digunakan sebelum tidur dapat mengganggu proses tidur. Walhasil ia menyarankan, sebaiknya hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

Source: detikNews

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *