Harga-Toyota-Calya-vs-Daihatsu-Sigra.jpg

Inilah fakta menarik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Diposting pada

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tercatat sebagai mobil murah di Indonesia menyita banyak perhatian dari calon konsumen mulai dari pembeli pemula hingga mereka yang sudah cukup akrab dengan dunia otomotif. Langkah jeli dari grup ASTRA dalam mengimplementasikan bauran pemasaran menjadi kunci sukses kembar Calya-Sigra tersebut.

Calya – Sigra hadir memanfaatkan kebijakan LCGC dari pemerintah sehingga harga yang ditetapkan terasa terjangkau bagi sebagian besar calon konsumen baik yang memang merupakan target market utama hingga segmen lebih mapan. Berikut adalah beberapa fakta mengenai si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra:

Mobil Bekas Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Fakta Airbags Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Toyota Calya serta Daihatsu Sigra keduanya sudah dilengkapi dengan dual airbags sebagai salah satu fitur keselamatan berkendara selain beberapa fitur lain. Hal lain yang perlu dipahami terutama untuk pengemudi yang sebelumnya lebih terbiasa mengendarai roda dua adalah keberadaan airbags sekalipun dimaksudkan untuk meningkatkan standar keselamatan pada sisi lain yang berpotensi bahaya jika tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Dalam kondisi apakah airbags Toyota Calya, Daihatsu Sigra atau mobil lainnya berpotensi menjadi ancaman? Kondisi paling umum adalah kondisi dimana pengemudi dan penumpang depan tidak menggunakan seatbelt. Airbag Calya – Sigra justru akan menimbulkan cedera dibagian leher jika tidak mengenakan sabuk pengaman atau seatbelt ini.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Mobil MG HS Morris Garage 2020

Kondisi keduanya, ketika anak-anak ditempatkan di bangku bagian depan, umumnya di Indonesia selama bertahun-tahun menempatkan anak di bangku bagian depan mobil. Padahal tekanan pada airbags berpotensi membahayakan nyawa si anak, itu sebabnya di negara maju anak-anak wajib diletakkan di bangku bagian belakang.

Fakta Transmisi Matik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Semenjak beberapa tahun silam transmisi matik bukan lagi didominasi oleh mobil-mobil mewah, bahkan mobil LCGC pun sudah mengadopsi tipe transmisi yang digemari utamanya oleh mereka yang tinggal di kota besar tersebut.
Sayangnya  setiap pengemudi belum benar-benar mengenali karakter transmisi matik mobil dan cenderung memberlakukannya seperti kala mengendarai motor matik alias tidak pernah memindahkan tuas transmisi.

Dalam beberapa situasi pengemudi harus memindahkan tuas transmisi matik baik dalam upaya mengurangi potensi power loss hingga alasan keamanan terutama kala menaiki tanjakan. Khusus untuk Toyota Calya disediakan angka 2 dan 3 di tuas transmisi matiknya, pemindahan dari D ke 2 atau 3 sangat diperlukan kala mobil hendak menanjak.

Tipe-Tipe Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Toyota Calya terdapat 5 varian masing-masing berbeda yaitu E M/T tanpa ABS, E M/T ABS, E A/T, G M/T dan G A/T. Semuanya mengandalkan mesin 3NR-VE berkapasitas 1.2 liter.
Sedangkan Daihatsu Sigra menyediakan 10 varian, dua diantaranya yaitu tipe D dan M menggunakan mesin KR-VE 1.0 liter sedangkan 8 sisanya masing-masing X M/T, X Deluxe M/T, X A/T, X A/T Deluxe, R M/T, R M/T Deluxe, R A/T dan varian tertinggi R A/T Deluxe menggunakan dapur pacu legendaris 3NR-VE 1.2 liter.

Baca Juga :  Inilah 9 Foto Modifikasi Mobil Truk Center

Toyota Calya Toyota Calya dan Bursa Mobil Bekas

Kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ternyata mengancam harga mobil bekas, untuk saat ini saja harga Toyota Avanza bekas dan Daihatsu Xenia di beberapa kota sudah mengalami penurunan harga hingga 10% padahal selama ini harga pasaran Toyota Avanza di pasar mobil bekas relatif stabil sebelum kehadiran Calya dan Sigra.

Lalu berapakah harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra bekas? Meski mobil bekas ternyata Toyota Calya dan Daihatsu Sigra belum tersedia hingga 3 bulan kedepan namun menurut beberapa prediksi harga Daihatsu Sigra dan Toyota Calya berselisih diangka 20-25 Juta dari harga barunya.

Konsep Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Konsep Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pertama kali dimunculkan pada gelaran IIMS 2014, pada saat itu nama mobil yang menjadi cikal bakal Calya dan Sigra tersebut adalah Daihatsu UFC-3.

Fakta Mesin Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Meskipun mesin 3NR-VE yang digunakan oleh Toyota Calya dan delapan varian Daihatsu Sigra bukanlah mesin baru, karena sebelumnya mesin yang sama sudah diadopsi terlebih dahulu oleh Toyota Etios Valco.
Sementara dapur pacu 1KR-VE yang memberi tenaga Daihatsu Sigra tipe D dan M adalah dapur pacu yang digunakan oleh duo Agya-Ayla.

Baca Juga :  Benarkah Honda Civic Hatchback Turbo Berbeda dari Versi Sedan?

Fakta lain seputar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra adalah penempatan blok mesin yang sangat dekat dengan front subframe, akibatnya membongkar altenator akan membutuhkan waktu ekstra. Disamping itu penempatan  engine head dapat memberi resiko besar jika terjadi tabrakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *