ulama-696x529.jpg

Innalillah! Ulama kharismatik Abuya Uci Thurtusi Tutup Usia

Diposting pada
Ulama Abuya KH Uci Thurtusi atau Abuya Uci | Khusus

Kabar duka datang dari pengasuh dan pimpinan Perguruan Tinggi Islam dan Majelis Al-Istiqlaliyyah Talim, Abuya KH Uci Thurtusi atau Abuya Uci. Ulama kondang itu meninggal dunia pada Selasa (6/4), sekitar pukul 05.00 WIB dini hari.

Kematian ulama kharismatik ini tentu menyisakan rasa sakit yang dalam. Menurut Kepala Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, penyebab tewasnya Abuya Uci karena sakit.

Abuya Uci lahir dari keluarga terpelajar. Ayahnya adalah almarhum Abuya Dimyathi Cilongok yang tak lain adalah seorang kiai yang terkenal dan sangat disegani oleh masyarakat, khususnya di wilayah Banten. Selain Pondok Pesantren Cilongok, ayah Abuya Uci juga menempuh pendidikan di luar daerah.

Semasa hidupnya, Abuya Uci dikenal sebagai seorang ulama yang selalu menggunakan bahasa Sunda dalam pelajarannya. Inilah ciri-ciri ulama ini. Tak hanya di Banten, nama Abuya Uci juga dikenal di luar Jawa. Memang tidak jarang banyak tokoh dari berbagai negara ikut serta dalam studi mereka.

Popularitas ulama karismatik ini tidak bisa diragukan lagi. Ia juga dikenal dekat dengan sejumlah tokoh nasional. Salah satunya seperti Presiden Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. Keduanya kerap tampil bersama dalam beberapa kesempatan, termasuk dalam acara akting di Perguruan Tinggi Islam Cilongok.

Baca Juga :  Ditetapkan Tersangka, Polisi Telah Ketahui Persembunyian Habib Rizieq

(Warta Batavia)

Innalillah! Abuya Uci Thurtusi yang karismatik meninggal

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *