Interaksi Sosial Anak Hilang kalau Belajar Daring Dipermanenkan – Aspiratif News

Views: 21
Read Time:2 Minute, 36 Second

Interaksi Sosial Anak Hilang kalau Belajar Daring Dipermanenkan – Aspiratif News

Interaksi Sosial Anak Hilang jika Belajar Daring Dipermanenkan

Interaksi Sosial Anak Hilang kalau Belajar Daring Dipermanenkan

05 July 2020, 08:55 WIB

Zubaedah Hanum | Humaniora

PEMERINTAH berencana mempermanenkan pendidikan jarak jauh (PJJ) sesudah pandemi covid-19. Wacana ini diutarakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim

dalam rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Minggu lalu.

Apa argumentasi Nadiem? Ia berpandangan, pandemi covid-19 telah memberikan Kesempatan pada dunia pendidikan untuk melakukan bermacam-macam efisiensi dan teknologi. walaupun pada penerapannya waktu ini masih mengalami banyak kekurangan, seperti kecakapan guru sampai infrastruktur, seperti ketersediaan internet dan listrik.

Planning pembelajaran jarak jauh yang akan dipermanenkan Mas Menteri Nadiem langsung jadi bahan pembicaraan para orangtua di media sosial. Mereka umumnya Tidak mau itu karena dianggap menghilangkan Kesempatan anak berinteraksi dengan banyak orang.

“Jangan 100% kontennya daring. Dari Senin ke Jumat tetap wajib hari-hari anak untuk dapat berinteraksi dengan guru dan Sahabat. Itu wajib. Sekolah itu tujuannya kan bukan cuma menuntut ilmu tapi juga bersosialisasi, berinteraksi bareng. Itu ilmu mahal,” cetus Zulkarnaen, bagian orang tua murid, Minggu (5/7) pagi.

READ  Menhan Ajak Muhammadiyah-NU Membicarakan Pembentukan DKN

menurutnya, anak yang kurang bersosialisasi dengan banyak orang dapat jadi pribadi egois, minder, tidak dapat bergaul nanti waktu dewasa. “Yang lebih bahaya anak itu akan punya ego yang tinggi, amat individualistis,” sahutnya.

 

Dengan argumentasi lain, Yani, orang tua murid lainnya mengakui tidak setuju dengan planning Mendikbud mempermanenkan PJJ pascapandemi. “Bagaimana nanti nasib orangtua yang kebetulan bekerja? Siapa yang akan mendampingi anak nantinya?” seru Yani. (H-2)

Interaksi Sosial Anak Hilang jika Belajar Daring Dipermanenkan


Interaksi Sosial Anak Hilang jika Belajar Daring Dipermanenkan – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *