Iran-akan-Produksi-Massal-Vaksin-COVID-19-Lima-Negara-Sudah-Memesan.png

Iran akan Produksi Massal Vaksin COVID-19, Lima Negara Sudah Memesan

Diposting pada

Teheran, Warta Batavia –  Iran akan mulai memroduksi secara massal vaksin Corona (COVID-19) buatannya pada bulan April mendatang, dan juga akan mengekspornya setelah kebutuhan dalam negeri sudah terpenuhi.

“Kami mengantisipasi produksi vaksin nasional mulai April, dan kami akan beralih menjadi eksportir vaksin di kawasan setelah memenuhi kebutuhan internal,” ungkap Menteri Kesehatan Iran Saeed Namaki, Senin (22/2).

Dia mengatakan bahwa sejauh ini Iran masih mengimpor vaksin COVID-19, di mana sebanyak 250.000 dosis vaksin akan segera didatangkan dari luar negeri.

Sembari memperingatkan tingginya tingkat kematian yang dilaporkan di Iran akibat infeksi varian Corona  Inggris, Namaki mengecam negara itu karena, menurutnya, cenderung meremehkan kekuatan virus baru tersebut.

Sebelumnya, Kepala Tim Riset COVID-19  dari Markas Besar Iran untuk Pelaksanaan Pesan Imam Khomeini (HEIKO), Hassan Jalili, mengumumkan bahwa Teheran sedang bernegosiasi dengan tiga negara untuk mengekspor vaksin COVID-19 buatan Iran.

“Lima negara dunia telah meminta membeli vaksin buatan Iran. Tiga negara sedang dalam negosiasi dan dua lainnya telah memohon pembicaraan,” kata Jalili kepada wartawan dalam konferensi pers, Ahad (21/2), namun dia enggan menyebutkan nama negara.

Baca Juga :  Kemensos Pastikan Para Pengungsi Gempa Sulbar Dapat Pemulihan Psikologi

Dalam konferensi pers yang sama, anggota senior Satuan Tugas Nasional Iran untuk Pemberantasan COVID-19 Minou Mohraz mengatakan tak ada efek samping signifikan yang dilaporkan di antara relawan selama fase pertama uji klinis vaksin buatan Iran yang dinamai “Barekat” tersebut.

Dia menambahkan vaksin itu juga efektif melawan  varian Corona  yang menyebar di Inggris. (mm/fna)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Jika Iran Ingin Membuat Bom Nuklir, Siapapun Tak Dapat Mencegahnya

Iran Ungkap Sistem Radar Satu-Satunya di Dunia

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *