Connect with us

Otomotif

Irit! Segini Hasil Tes Konsumsi BBM New Xpander Cross

Published

on

xpander-cross-irit

Jakarta – Mitsubishi New Xpander Cross hadir sebagai versi lebih tangguh dari Xpander. Kendati demikian, basis platform hingga mesin yang diusung si LSUV 7 penumpang ini masih sama dengan MPV-nya. Lantas seberapa irit LSUV jagoan Mitsubishi ini?
Mesin yang dipercaya oleh Mitsubishi untuk menggerakkan Xpander ataupun Xpander Cross ini adalah mesin 1.5L MIVEC berkonfigurasi DOHC 4-silinder segaris dengan 16 katup.

Diklaim mesin ini punya tenaga 105 PS di 6.000 RPM dan torsi 141 Nm di 4.000 RPM. Figur tenaga dan torsi ini tercatat lebih besar ketimbang Suzuki XL7, namun cukup jauh di bawah BR-V yang mesinnya bertenaga 121 PS.

Kendati demikian, tenaga dan torsi dari Xpander Cross terasa pas untuk memenuhi kebutuhan harian. Apalagi dengan sistem transmisi CVT, penyaluran tenaga dapat bekerja lebih efisien.

Bagaimana dengan impresi mesinnya? Tentu sama persis dengan Xpander. Respons mesin terasa cukup halus di tarikan bawah, itu berkat transmisnya yang sudah CVT.

Advertisement

Kendati demikian, respon mesin halus ini tak membuatnya lemot atau lelet. Tarikan bawahnya cukup berdaya, setidaknya untuk melahap tanjakan atau stop-n-go secara cepat, mesin tak sering menggerung.

Penyaluran tenaga yang linear di tarikan bawah-tengah-atas ini pun terasa baik ketika mobil dibawa melaju di jalan tol. Sebab di tarikan tengah-atas, mesin rasanya masih bisa memberikan tenaga yang diharapkan.

Secara umum, mesin Xpander Cross ini memang diplot untuk mobil sehari-hari. Dipakai di rute padat perkotaan terasa nyaman, namun dibawa ke luar kota pun tak masalah.

Kami sudah melakukan pengetesan terhadap mobil ini di dua kondisi berkendara, yakni rute harian di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km per jam dan rute tol yang bermain di kecepatan 89 km per jam.

See also  Wuling Bingo Luncurkan Mobil Baru

Untuk rute dalam kota, Mitsubishi New Xpander Cross mampu meraih angka konsumsi BBM rata-rata di 15,4 km per liter.

Advertisement

Sedangkan di rute tol, yang notabene mobil berlari lebih cepat dan konstan, Xpander Cross mampu meraih angka konsumsi BBM rata-rata di 20,6 km per liter.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *