Habibie.jpg

Islam dan Pancasila Tidak Bertentangan

Diposting pada

Pancasila Tidak Pernah Membedakan Agama Manapun

Sebenarnya antara Pancasila dan Agama merupakan dua hal yang tidak ada perbedaan sama sekali, baik dari segi konsep maupun implementasinya kalau dijalankan secara konsekuen.

Golongan Islam menganggap Pancasila adalah manifestasi dari nilai-nilai Islam yang dirumuskan oleh mayoritas tokoh-tokoh Islam baik itu dalam sidang BPUPKI maupun PPKI.

Presiden ke-3 Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie menyatakan, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan aset negara yang harus dipertahankan. Menurutnya, kedua hal tersebutlah yang menjadi solusi dari segala masalah keragaman di Tanah Air.

Segala kebiasaan dan aktivitas yang dilakukan, seperti diungkapkan Habibie, sebaiknya didasarkan pada asas Pancasila. Sebab, para pendiri bangsa menugaskan masyarakatnya untuk membuat karya nyata yang bermanfaat.

“Kita ditugaskan untuk membuat karya nyata dalam menghormati segala perjuangan para pendiri bangsa. Banyak masalah yang belum terselesaikan dan harus diperbaiki dan itu menjadi tugas kita,” sambungnya.

Merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tuturnya, menjadi hal yang penting demi kemaslahatan masyarakat. Pancasila merupakan modal dan kekuatan bangsa untuk menyatukan masyarakatnya yang beragam.

Baca Juga :  Surat Aspiratif dari Mahasiswa untuk Presiden Jokowi

Berikut pesan BJ Habibie kepada generasi muda Indonesia: “Pancasila itu sama dengan Islam. Atau pancasila itu sama dengan agama lainnya, karena pancasila tidak pernah membedakan agama manapun, perbedaan itu yang menyatukan Indonesia, jagalah bangsa dan negaramu.” (dari Ummatina)

Habibie

Islam dan Pancasila Tidak Bertentangan

Islam dan Pancasila Tidak Bertentangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *