jalan-indonesia-masuk-daftar-10-negara-ekonomi-terbesar-dunia-c9lUYat8gT.jpg

Jalan Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Ekonomi Terbesar Dunia

Diposting pada

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkapkan pemerintah telah meluncurkan road map Making Indonesia 4.0 sebagai inisiatif pengembangan industri memasuki otomatisasi dan digitalisasi. Dengan tujuan menjadikan Indonesia ekonomi terbesar ke-10 di dunia pada tahun 2030.

“Tujuannya agar Indonesia menjadi 10 besar negara terbesar di dunia,” kata Agus dalam diskusi virtual di FMB9, Senin (5/4/2021).

Untuk mencapai hal tersebut, ada 3 aspirasi utama yang perlu dilaksanakan. Pertama, 10% kontribusi ekspor dan impor terhadap PDB. Kedua, peningkatan biaya dua kali lipat.

“Pengeluaran ketiga untuk penelitian dan pengembangan setidaknya 2% dari PDB”. Dia berkata.

Selain itu, pemerintah juga fokus pada 7 sektor prioritas dalam pengembangan sektor industri tersebut. Ketujuh sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian jadi, industri otomotif, industri kimia, industri elektronik, industri farmasi, dan industri alat kesehatan.

“Ketujuh sektor industri ini dipilih karena menyumbang 70% dari total PDB manufaktur. Dan juga 65% ekspor manufaktur. Dan penyerapan 60% tenaga kerja industri.” Dia menjelaskan.

Baca Juga :  Mudik Dilarang 6-17 Mei 2021, Bagaimana Sebelum dan Sesudahnya?

Untuk itu, guna menempatkan Indonesia di antara 10 besar negara di dunia, Pemerintah telah menetapkan 10 road map Indonesia Making 4.0. Antara lain memperbaiki aliran material, mendesain ulang zonasi industri, mengurangi standar keberlanjutan.

Jadi memberdayakan UMKM, membangun infrastruktur nasional, menarik investasi asing. Selanjutnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia industri, membentuk ekosistem inovasi, melaksanakan insentif inovasi dan menyelaraskan regulasi dan kebijakan.[okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *