Jangan Bandingkan Covid-19 Indonesia dengan Tiongkok – Aspiratif News

Jangan Bandingkan Covid-19 Indonesia dengan Tiongkok - Warta Batavia
Views: 2469
Read Time:2 Minute, 34 Second

Jangan Bandingkan Covid-19 Indonesia dengan Tiongkok – Aspiratif News

Sampai hari Minggu (19/7), Perkara positif covid-19 di Indonesia mencapai 86.521. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan Tiongkok yang jadi pusat episentrum ke-1 covid-19 yang sekarang kasusnya berjumlah 85.314.

Merespon hal tersebut, Juru Bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto meminta agar jangan membandingkan data Perkara Indonesia dengan negara lain. alasannya, saban negara mempunyai karakteristik yang tidak sama.

Baca juga: Bansos Kemensos Jangkau Suku Anak Dalam

“Saya cenderung untuk bekerja maksimum tanpa membandingkan dengan negara lain. Jika dikaji risiko epidemiologinya, Indonesia bukan Tiongkok, dan Tiongkok bukan Indonesia. Tidak sama,” kata Yurianto ke Media Indonesia, Minggu (19/7).

Yurianto menyebut, waktu ini pihaknya tengah bekerja secara maksimum untuk menekan penyebaran covid-19 sesuai dengan karakteristik Indonesia berdasar studi yang telah dihimpun oleh tim Gugus Tugas dan para ahli.

“Hadapi saja problem yang ada di Indonesia dan antisipasi dengan baik,” ucapnya.

READ  Fonseca Salahkan Timnya sebab Hadiahkan Kemenangan pada Milan - Aspiratif News

Dihubungi terpisah, ahli epidemiologi dari Universitas Indonesia Tri Yunis Miko mengungkapkan hal senada. Hitungan total Perkara Indonesia dan Tiongkok tidak dapat dibandingkan.

“Gak dapat dibandingkan. Gak sebanding wabahnya. Yang 1 episentrum awalnya di provinsi Huabei dengan masyarakat 20 juta, kita negara Indonesia 260 juta. Jadi bagaimana membandingkannya? Tidak sebanding,” kata Miko.

Miko menilai, Indonesia dapat berhadapan dengan covid-19 apabila semua pihak mempunyai tekad bulat yang tinggi.

“Gugus tugas kan sesungguhnya sudah memberikan data tiap wilayah, zona hijau yang dianjurkan dibuka, zona kuning dan merah tidak boleh. Itu harusnya Ditunaikan dengan baik di tiap kab/ kota maupun provinsi,” tandasnya. (H-3)


Jangan Bandingkan Covid-19 Indonesia dengan Tiongkok – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *