Rizieq.jpg

Jangan Ditiru! Rizieq Shihab Menghina Martabat Pengadilan, Ada Pidana Baru

Diposting pada

Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) Petrus Selestinus mengatakan terdakwa Rizieq Shihab bisa menghadapi kejahatan baru karena menghalangi persidangan dan merendahkan martabat peradilan.

“Ini mempersulit proses, bisa dikenakan pidana baru, menghalangi bahkan merendahkan martabat peradilan itu sendiri,” kata Petrus Selestinus dalam program YouTube Rumah Kebudayaan Indonesia, Kamis (18/3/2021).

Petrus juga menuding Rizieq Shihab dan pengacaranya melakukan pelecehan di pengadilan hanya untuk menarik perhatian publik. Menurut dia, dalam studi yang dilakukan secara online di tengah pandemi Covid-19, kendala jaringan kerap terjadi.

“Ketika hakim, jaksa, penasehat hukum dengan dasar kebesarannya berada di ruang sidang, kemudian muncul kericuhan, itu tergolong perbuatan yang merendahkan martabat keadilan dan merongrong keadilan yang dicari,” sambungnya.

Selain itu, kata Petrus, Rizieq Shihab dan tim pengacaranya perlu mengetahui bahwa menjaga kehormatan kehakiman adalah hal yang wajib dalam persidangan. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan KUHAP dan Mahkamah Agung.

“Itu harus disampaikan dengan sopan dan tidak boleh ada kata-kata kasar seperti kemarin di persidangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Bobby Tegaskan Bakal Copot Kadis yang Tak Bisa Ikuti Sistem Kerjanya

(Warta Batavia)

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *