presiden-jokowi-2_16928529.jpeg

Jokowi Buka Suara soal Pradesain Garuda Istana Negara Karya Nyoman Nuarta

Diposting pada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah membuka suaranya untuk Garuda, istana negara di ibu kota baru, Kalimantan Timur, sudah direncanakan. Jokowi berharap Istana Negara menjadi kebanggaan bangsa.

Pernyataan Jokowi tersebut disiarkan melalui akun Twitter @jokowi seperti yang terlihat pada Jumat (2/4/2021). Jokowi ingin Istana Negara mencerminkan kemajuan bangsa.

“Salah satu usulan proyek gedung ikonik di ibu kota baru ini adalah Istana Negara Nyoman Nuarta. Saya nantikan semua saran pra desain kalian, “tulis Jokowi di sela-sela unggahan video tersebut.

“Saya berharap Istana Negara ini menjadi kebanggaan bangsa dan mencerminkan kemajuan bangsa,” lanjut Jokowi.

Jokowi mengharapkan masukan dari semua pihak. Selain itu, Jokowi akan mengundang lebih banyak pakar terkait pradesain.

Dengan masukan ini, saya akan mengajak arsitek dan tenaga ahli lainnya untuk memperkaya pra desain pada desain dasar Gedung Negara, tambah Jokowi.

Sebagai informasi, desain burung Garuda Istana Negara di ibu kota baru, Kalimantan Timur tengah diperbincangkan usai video tersebut diunggah pematung Nyoman Nuarta melalui akun Instagram miliknya @nyoman_nuarta pada Selasa (30/3/2021). Ia mengatakan, proyek tersebut merupakan proyek pilihan ibu kota negara di Kalimantan Timur.

Baca Juga :  Survei SMRC: Umumnya Warga Tidak Suka Rizieq Shihab

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti membenarkan adanya rencana unggas tersebut. Namun, kata dia, desainnya masih perlu pengayaan.

“Ide desain bangunannya. Masih butuh pengayaan desain, ”kata Diana saat dihubungi, Rabu (31/3).

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur juga menyinggung soal desain burung Garuda, burung Istana Negara. Menurut Abdul, desain burung Garuda sangat cocok.

“Menurut saya sangat tepat. Karena tidak ada simbol yang lebih sakral dari pada lambang Garuda. Apapun itu. Karena inilah jati diri bangsa kita. Bangsa besar dengan kedua sayapnya ini mempersatukan Indonesia Barat dan Indonesia Timur. Yang bangga berada di jantung Indonesia, “ujarnya. Abdul Gafur, Rabu (31/3). [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *