jokowi-dunia-rebutan-beras-untung-kita-nggak-impor-XmzWld6qqf.webp_.jpeg

Jokowi: Dunia Rebutan Beras, Untung Kita Nggak Impor

Diposting pada
Jokowi: Dunia sedang memperebutkan beras, untungnya kami tidak peduli

Presiden Joko Widodo mengatakan negara-negara di berbagai belahan dunia saat ini sedang berjuang untuk pangan, khususnya beras. Karena kondisi tersebut, Kepala Negara bersyukur Indonesia tidak mengimpor beras.

“Sekarang semua beras di dunia ada dimana-mana di perebutkan pangan, untung kita tidak impor. Saya tanya ke Menteri Pertanian Pak Bulog cukup, Alhamdulillah,” ucapnya saat berdialog dengan petani di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021).

Jokowi senang saat ini harga gabah di Indramayu bagus, yakni Rp 4.200. Saat harga jatuh kemarin, kepala negara mengaku sedih. Ia juga menegaskan tidak akan mengimpor beras.

Padahal impor sudah direncanakan, namun hal itu dilakukan untuk mengantisipasi gagal panen akibat pandemi corona atau banjir.

Dia mengatakan mengapa Anda ingin mengimpor. Siapa yang ingin mengimpor? Apakah ada orang dalam pelayanan yang benar-benar ingin memperhatikan apa? Pandemi ini membuat banyak diantara kita khawatir panenan akan baik atau tidak, banyak yang tidak, yang tersisa, strainnya adalah Bulog. Ini penting. Tapi kami tidak ingin mengambil risiko, “katanya.

Baca Juga :  Baju FPI Dipajang di Konferensi Pers Kapolda Metro soal Terduga Teroris

“Misalnya ada gagal panen, Desember-Januari banjir di mana-mana, bahkan di sini kan? Jadi apa dampak banjirnya? Jadi saya khawatir. Saya akan tanda tangani dulu. Lalu saya lihat. Situasi. Aman. , jadi kemarin saya bilang hentikan dulu. “Kita tidak harus impor hasil panen,” tambahnya.

Jokowi memahami, jika pemerintah mengimpor beras, harga gabah yang diproduksi setelah impor bisa turun signifikan. Namun, Jokowi mencontohkan, meski diimpor, karena ada perhitungan tersendiri.

“Coba kalau gandum impor bisa tiga ribu saat panen raya. Kami paham. Tapi kalau banjir dan pandemi sudah diperhitungkan sebelumnya, kami khawatir stok tidak mencukupi,” ujarnya. kata.

Jokowi sendiri berjanji tidak akan mengimpor beras hingga Januari 2021. Komitmen itu bisa dipertahankan hingga akhir tahun jika produksi dalam negeri bagus dan maksimal.[okezone.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *