presiden-jokowi_169.jpeg

Jokowi: Indonesia di Wilayah Ring of Fire, Gempa Bisa Terjadi Setiap Saat

Diposting pada
presiden jokowi 169 Jokowi: Indonesia di wilayah Cincin Api, gempa bisa terjadi kapan saja

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa terdalam atas gempa bumi yang mengguncang Jawa Timur kemarin. Jokowi juga mengenang, Indonesia rawan bencana karena berada dalam lingkaran api.

“Dan yang harus saya ingat, kita berada di kawasan jalan lingkar, di kawasan jalan lingkar, sehingga aktivitas alam bisa terjadi kapan saja, baik gempa bumi dan lainnya, kapan saja,” kata Jokowi dalam jumpa pers virtual. pada Minggu (11/2). / 4/2021).

Jokowi juga mengingatkan para pemimpin daerah di Indonesia untuk mengajak masyarakat memperkuat kerja sama. Apalagi dalam hal peningkatan kesadaran akan bencana alam.

Oleh karena itu, saya mengingatkan para gubernur, bupati, dan walikota untuk terus mengimbau masyarakat untuk memperkuat kerja sama serta meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan jika terjadi bencana, ”ujarnya.

Sementara terkait gempa di Jawa Timur, Jokowi sudah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan tindakan tanggap darurat. Juga untuk segera mencari korban yang tertimpa reruntuhan.

“Saya sudah perintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan TNI serta Panglima Polri dan lainnya, serta Pemprov. Pemerintah kota dan kabupaten agar segera melakukan tindakan tanggap darurat, mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan segera melakukan penanganan korban luka serta mengatasi dampak gempa, ”kata Jokowi.

Baca Juga :  Habib Rizieq Larang Umumkan Hasil Swab Test, Ini Reaksi Bima Arya

Sebelumnya, BPBD telah melaporkan 43 orang terdampak gempa di Malang, Jawa Timur. Jumlah ini terdiri dari korban luka ringan, sedang dan berat.

Gempa susulan juga terjadi di Malang Minggu pagi ini. Gempa susulan ini terjadi 10 kali, setelah gempa M 6.1 sebelumnya.

Gempa tidak hanya dirasakan di Malang, tapi juga di beberapa wilayah di Jawa Timur. BPBD Jatim menyebutkan, wilayah yang terkena dampak pagi ini adalah Lumajang, Malang, Kabupaten Blitar, Tulungagung, dan Kota Blitar.[detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *