jokowi-penggunaan-iptek-dan-dukungan-negara-lain-penting-untuk-atasi-pandemi-kub.jpg

Jokowi: Penggunaan Iptek dan Dukungan Negara Lain Penting untuk Atasi Covid-1

Diposting pada
Jokowi: Pemanfaatan iptek dan dukungan dari negara lain penting untuk mengatasi pandemi, Jokowi: Pemanfaatan iptek dan dukungan dari negara lain penting untuk mengatasi Covid-1

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan disiplin protokol kesehatan, pelaksanaan vaksinasi dan ketertelusuran, pengujian, pengobatan (3T) membutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak. Selain itu, Kepala Negara juga mengenang pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam menyikapi pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa dalam perencanaan pembangunan kita. Pertama, sebaik apapun perencanaan yang telah kita lakukan, kita juga harus siap melakukan perubahan dengan cepat. Untuk beradaptasi dengan tantangan dan peluang,” ucapnya. Kata Jokowi. membuka pintunya ke Musrenbangnas 2021 Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Selasa (4/5/2021).

Eksekusi perencanaan harus berubah berdasarkan tantangan dan peluang yang bergerak secara dinamis. Namun, kata Jokowi, tujuan utama perencanaan pembangunan tidak boleh berubah, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk kemajuan bangsa. Untuk itu, di tengah bencana pandemi Corona, dukungan dan sinergi berbagai pihak sangat dibutuhkan. “Yang tidak berubah adalah tujuan utama, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk memajukan bangsa. Namun seringkali harus berubah karena tantangan dan peluang juga bisa berubah sewaktu-waktu,” ujarnya. .

Baca Juga :  140 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Segera Tiba di Indonesia

Sinergi kekuatan bangsa dalam mengatasi masalah kesehatan dan ekonomi akibat pandemi tajuk sangat penting bagi Indonesia agar terhindar dari bencana global. Kemandirian dalam produksi alat kesehatan dan obat-obatan harus dijaga dengan kondisi seperti sekarang ini. Tak kalah pentingnya, lanjut Jokowi, dukungan negara lain untuk Indonesia sangat dibutuhkan.

Kedua, diperlukan sinergi kekuatan bangsa untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi, masalah kesehatan, masalah ekonomi. Disiplin prokes, pengujian, pemantauan, pengobatan dan vaksinasi membutuhkan dukungan semua pihak, dari seluruh pelosok bangsa, yang memerlukan dukungan semua pihak. Kegiatan di semua level pemerintahan juga dibutuhkan, dari pusat hingga daerah, serta produktivitas dari industri kecil hingga besar untuk produksi alat kesehatan dan obat-obatan, serta dukungan dari negara lain, ”jelas Jokowi.

Pada saat yang sama, penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir menjadi semakin tak terelakkan. Oleh karena itu, Jokowi ingin jajarannya menerapkan iptek di bidang pengabdian masyarakat, pendidikan, bisnis, dan teknologi di bidang kesehatan. Ketiga, penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir semakin tak terelakkan. Ketika layanan pemerintah, layanan pendidikan, dan bisnis ritel tidak dapat offline, kita perlu segera beralih menggunakan alat online atau online. Kalau sudah punya kita butuh data yang cepat dan akurat, embedded data kita butuh teknologi digital. Saat kita butuh obat, kita butuh vaksin, alat kesehatan, yang kita butuhkan dengan cepat adalah teknologi, ”pungkas Jokowi.[sindonews.com]

Baca Juga :  Filosofi Jaket Biru 6 Menteri Baru, Sandiaga: Simbol Kerja Keras

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *