presiden-jokowi-dalam-rapat-koordinasi-nasional-penanggulangan-bencana-tahun-2021-foto-tangkapan-layar-youtube-setpres_169.jpeg

Jokowi: PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Baik, Tren Kasus COVID-19 Terus Turun

Diposting pada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat kecil (PPKM) di Jawa dan Bali telah membuahkan hasil. Tren kasus positif COVID-19, kata Jokowi, terus menurun.

“Alhamdulillah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, PPKM skala mikro di Jawa dan Bali sudah menunjukkan hasil,” kata Jokowi dalam jumpa pers yang disiarkan Kamis (4/3/2021) di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Hasil positif PPKM tergambar dari tren peningkatan kasus positif COVID-19 di 7 provinsi yang terus menurun. Ketujuh provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

“PPKM mikro ini menunjukkan hasil yang cukup baik. Penambahan kasus mingguan di 7 provinsi di DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur dan Bali menunjukkan tren yang terus berlanjut. Menurun. sangat bagus, “katanya.

Selain itu, peningkatan jumlah kasus positif selama sepekan terakhir juga terus mengalami penurunan. Jokowi kemudian membeberkan data kasus COVID-19 dari Januari hingga Maret 2021.

Baca Juga :  Politik Ukhuwah Islamiyah: Satu Lagi Tugas Menteri Agama

Penurunan peningkatan jumlah kasus positif selama sepekan terakhir juga menunjukkan tren yang membaik, tren menurun. Pada Januari 2021 ada 14.000 kasus di 15.000 kasus positif per hari dan dalam seminggu terakhir misalnya. Per 22 Februari ada 10.180 dan per 3 Maret ada 6.808 kasus. Dengan begitu, jika kita lihat secara detail, kasus hariannya berkurang, ”kata Jokowi.

Jokowi mengatakan penurunan tersebut merupakan akibat dari penerapan PPKM mikro. Selain itu, hal ini juga disebabkan oleh semakin aktifnya pengelolaan pos COVID-19 di masing-masing wilayah. Ini, kata dia, akan diperluas ke daerah lain juga.

“Penanggulangan Covid-19 tingkat desa, tingkat desa, tingkat desa semakin aktif untuk mencegah penularan. PPKM secara mikro juga membuat komunikasi antar daerah berjalan, gotong royong antar desa dan kecamatan. -Regency Terus berjalan untuk mencegah penularan. Mencegah penyebaran COVID-19. “Nanti akan dikembangkan di provinsi-provinsi di luar Jawa yang banyak kasusnya,” ujarnya.

Meski tren kasus sudah mereda, Jokowi meminta semua pihak tetap waspada. Dia menyerukan pekerjaan lebih lanjut untuk dilakukan untuk terus mengurangi penyebaran COVID-19.

Baca Juga :  Ditangkap Bareskrim, Ini Latar Belakang Zaim Saidi Pendiri Pasar Muamalah di Depok

“Tapi sekali lagi kita harus tetap waspada, kita harus bekerja keras agar kasus aktif harian COVID-19 bisa berkurang dan berkurang tanpa mengurangi ulangan dan ulangan harian,” kata Jokowi. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *