Connect with us

Edukasi

Jurusan Kuliah yang Banyak Disesali Tahun 2023

Published

on

PANDEGLANG, ASPIRATIF.com – Memutuskan jurusan kuliah merupakan keputusan signifikan yang akan membentuk arah hidup Anda. Banyak calon mahasiswa merasakan tekanan yang serius ketika menghadapi keputusan tersebut.

Dengan persaingan yang semakin ketat dan biaya yang tidak murah, mengambil keputusan pemilihan jurusan perlu didasarkan pada informasi dan dengan penuh kehati-hatian sebab hal ini terkait dengan masa depan.

Lantas, apa saja jurusan kuliah yang paling banyak disesali para alumninya di tahun 2023? Simak jawabannya di sini!

10 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali
Dikutip dari laman Education Web, menurut survei yang dilakukan oleh ZipRecruiter terhadap lebih dari 1.500 lulusan perguruan tinggi, berikut adalah jurusan yang disesali alumninya:

Advertisement

1. Jurnalisme (87%)
2. Sosiologi (72%)
3. Seni (72%)
4. Komunikasi (64%)
5.Pendidikan (61%)
6. Manajemen Marketing + Riset (60%)
7. Pendamping Medis (56%)
8. Ilmu Politik dan Pemerintahan (56%)
9. Biologi (52%)
10. Sastra Inggris (52%)

10 Jurusan Kuliah yang Paling Tidak Disesali

Selain itu, ZipRecruiter juga merilis hasil survei mengenai jurusan perguruan tinggi yang paling disukai oleh lulusannya. Berikut adalah jurusan yang paling tidak disesali para alumninya.

1. Ilmu Komputer dan Informasi (72%)
2. Kriminologi (72%)
3. Teknik (71%)
4. Keperawatan (69%)
5. Kesehatan (67%)
6. Administrasi Bisnis dan Manajemen (66%)
7. Keuangan (66%)
8. Psikologi (65%)
9. Perdagangan Konstruksi (65%)
10. Manajemen Sumber Daya Manusia (58%)

Tips Memilih Jurusan Perguruan Tinggi agar Tidak Menyesal
Dilansir dari laman Students.org, berikut ini adalah 4 tips memilih jurusan agar tidak menyesal setelah lulus.

Advertisement

1. Jangan Panik
Tetap ingat bahwa pilihan jurusan Anda tidak akan menentukan segalanya dalam perjalanan karier dan kehidupan Anda.

See also  SIMAK! Cara Survival Di Hutan

Selalu ada peluang untuk mengubah arah karier atau melanjutkan pendidikan, dan banyak pengusaha mungkin akan lebih memperhatikan pengalaman kerja Anda setelah beberapa tahun berkarier.

2. Kenali Minat dan Hasrat Anda
Hal ini mungkin menjadi faktor terpenting ketika Anda memilih jurusan kuliah yang tidak akan mengecewakan.

Meskipun data statistik mungkin tidak sepenuhnya mendukung, apabila Anda memilih gelar dalam bidang teknik yang lebih praktis dibandingkan dengan jurusan seni rupa, Anda bisa merasa kurang puas dalam karier yang tidak sesuai dengan minat Anda.

Jika Anda belum yakin dengan minat Anda, cobalah mengambil mata kuliah yang beragam dan lakukan eksperimen selama masa kuliah untuk mengetahui bidang yang paling cocok dengan Anda.

Advertisement

3. Pelajari Prospek Karir
Penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kepopuleran jurusan dan tingkat gaji yang tinggi dalam proses pengambilan keputusan mengenai jurusan kuliah Anda.

Hal ini diperlukan terutama karena kemungkinan besar Anda akan menyelesaikan studi dengan tujuan untuk bekerja dan mendapat uang, seperti halnya banyak mahasiswa lainnya, dan perlu merencanakan cara untuk mencapai hal tersebut.

Namun, ingatlah bahwa tren rekrutmen dan popularitas jurusan dapat berubah. Oleh karena itu, pertimbangkan hal ini ketika Anda membuat keputusan.

Sebagai contoh, mendapatkan gelar sarjana dalam manajemen informasi kesehatan dapat membuka pintu menuju karir yang memuaskan dengan cepat.

Oleh karena itu, memilih jurusan yang sesuai dengan permintaan pekerjaan dan berada di bidang yang berkembang dapat meningkatkan kualitas hidup Anda setelah menyelesaikan kuliah.

Advertisement

4. Pertimbangan Lain
Berinteraksi atau mengikuti jejak para profesional yang sedang aktif di bidang atau karier yang Anda minati merupakan langkah bijak untuk menilai apakah jurusan tertentu sesuai dengan keinginan Anda.Anda juga dapat berkomunikasi dengan lulusan baru.

See also  TikTok Kembangkan Fitur Kontrol Konten Remaja

Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam menentukan pilihan jurusan kuliah, tetapi juga membuka peluang untuk mendapatkan bantuan atau petunjuk untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Selain itu, pertimbangkan faktor-faktor seperti apakah melanjutkan studi ke tingkat pascasarjana merupakan keputusan terbaik untuk Anda.

Untuk beberapa jurusan, hal ini mungkin tidak praktis, sementara untuk yang lainnya, perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan manfaat pendidikan penuh dan posisi terbaik di dalam industri tersebut.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai jurusan yang paling banyak disesali. Pertimbangkan minat dan prospek dengan mencari informasi dari berbagai pihak. Semoga artikel ini membantu!

Advertisement

Source: Detikcom

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *