kabareskrim-komjen-listyo-sigit-prabowo-1_169.jpeg

Kabareskrim soal Rekonstruksi Tewasnya 6 Laskar FPI: Belum Hasil Final

Diposting pada

Polri telah menggelar rekonstruksi tewasnya 6 Laskar FPI pengikut Habib Rizieq di Tol Jakarta-Cikampek. Kabareskrim, Komjen Listyo Sigit Prabowo, mengatakan hasil rekonstruksi itu belum final.

“Rekonstruksi yang kita lakukan tadi malam adalah bagian dari proses penyidikan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri. Artinya rekonstruksi yang dilakukan belum merupakan hasil final,” kata Komjen Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Selasa (15/12/2020).

Sigit membuka kemungkinan ada rekonstruksi lanjutan. Rekonstruksi lanjutan bisa dilakukan bila ada temuan baru.

“Apabila ada temuan-temuan baru terkait dengan tambahan-tambahan keterangan informasi, saksi dan bukti yang lain, tidak menutup kemungkinan bisa dilanjutkan dengan proses rekonstruksi lanjutan,” ungkapnya.

Dia menegaskan Polri selalu transparan dan objektif dalam menangani kasus ini. Salah satu buktinya adalah dengan melibatkan pihak eksternal.

“Dalam hal ini kami mengundang Komnas HAM, Amnesty Internasional, Kontras, Imparsial dan Kompolnas walaupun yang datang hanya dari Kompolnas,” papar Sigit.

Sebelumnya diberitakan, rekonstruksi kejadian tersebut berlangsung pada Senin (14/12) dini hari di 4 lokasi. Sejumlah hal ditunjukkan saat rekonstruksi itu di antaranya yaitu TKP penembakan.

Baca Juga :  Massa Datangi Polres Ciamis Protes Penahanan HRS, Ini Respons Kapolres

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian mengatakan, antara polisi dan laskar FPI sudah melakukan kontak tembak di tempat kejadian perkara (TKP) 1 dan TKP 2. TKP 1 berada di bundaran Hotel Novotel Karawang, Jalan Internasional Karawang Barat, Margakaya, Kabupaten Karawang, sedangkan TKP 2 di Jembatan Badami, sekitar 600 meter dari TKP 1. Dua laskar FPI ini menunjukkan gelagat menyerang, dan kemudian dibalas polisi dengan tembakan. Kejadian ini berlangsung di TKP 2.

“Dari TKP 1 terjadi penyerangan terhadap anggota Polri, sehingga tentu menyikapi itu penyidik yang ada dalam kendaraan melakukan pengejaran. Di dalam proses pengejaran, melihat gelagat dari pelaku yang mencoba arahkan tembakan ke petugas, daripada didahului anggota melakukan tindakan tegas,” kata Andi di Km 51+200 Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Senin (14/12/2020).

Kemudian, 2 laskar FPI ini ditemukan dalam keadaan terluka di TKP 3. TKP 3, dari versi polisi, berada di rest area Km 50 Tol Jakarta-Cikampek.

“Ternyata sampai di TKP 3 begitu berhasil diblok, begitu dibuka, ditemukan bahwa 2 dari pelaku dalam keadaan terluka,” kata Andi.

Baca Juga :  Daftar Alutsista Mutakhir yang Bakal Dibeli RI, dari Pesawat Tanpa Awak hingga F-15 EX

Saat di rest area Km 50, Andi menjelaskan bahwa polisi meminta 4 laskar FPI lainnya untuk menyerah dan dibawa oleh mobil polisi ke Polda Metro Jaya. Tetapi, kata Andi, di TKP 4 atau Km 51+200, laskar FPI melakukan perlawanan dengan merebut senjata polisi.

“Di situlah terjadi upaya dari penyidik yang ada dalam mobil untuk melakukan tindakan pembelaan sehingga keempat pelaku dalam mobil mengalami tindakan tegas dan terukur dari anggota yang ada dalam mobil,” kata Andi.[detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *