097808800_1584528645-IMG-20200318-WA0048.webp_.jpeg

Kala Mahfud Md Dengar Curhatan Wanita Korban UU ITE

Diposting pada

Pada Sabtu (20/3/2021) pengacara kondang Hotman Paris Hutapea minum kopi bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md di kawasan Jakarta Utara. Dalam kesempatan itu, keduanya mendengar pengakuan seorang perempuan korban UU ITE bernama Vivi Nathalia.

Vivi mengatakan, kasus tersebut bermula saat menagih utang dari peminjam di media sosial. Namun peminjam tidak menerima dan menggugat Vivi atas tuduhan pencemaran nama baik.

“Saya salah satu korban UU ITE. Jadi saat itu ada yang berutang 450 juta rupiah kepada saya. Saat saya curhat di Facebook, saya didakwa fitnah dan akhirnya divonis dua tahun masa percobaan,” ujarnya kepada Kopi Joni. Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Vivi saat ini bekerja di Asosiasi Korban Hukum ITE. Ia mengaku banyak temannya yang menjadi korban UU ITE.

“Saya melihat UU ITE sebagai wadah untuk saling merujuk dan menjadi mediator kasus dimana masyarakat membutuhkan sejumlah uang untuk perdamaian,” ujarnya.

Vivi kemudian menanyakan kepada Mahfud apakah Pasal 27 ayat (3) UU ITE benar-benar akan dihapus. Karena hukum ini sering digunakan oleh individu.

Baca Juga :  Viral Foto Anies Mengipas Sate, Warganet: Dewa Kipas, Sekali Kipas Tanah 70H Hilang

“Mungkinkah Pasal 27 ayat (3) benar-benar dihapus? Karena fitnah itu benar-benar tempat lapor dan dimanfaatkan oleh banyak oknum-oknum, ”ujarnya.

Jawaban dari Mahfud Md

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD yang ditanyai soal itu mengakui, persoalan UU ITE memang menjadi perhatian Presiden. Kepala negara juga ingin undang-undang itu direvisi.

“Kita sudah mencatat bahwa itu urusan Presiden dan banyak pihak yang menjadi korban Pasal 27. Oleh karena itu, dalam kesepakatan jangka panjang, Presiden sudah memerintahkan peninjauan kembali, jika perlu, agar tidak ada karet. . benda, “katanya.

“Dalam jangka pendek, Presiden sudah sering meminta maaf seperti Baiq (Nuril) dan sebagainya,” pungkasnya.

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *