Kapal Perang AS Seharga Rp10, 9 Triliun Meledak, 57 Orang Cedera

Kapal-Perang-AS-Seharga-Rp10-9-Triliun-Meledak-57-Orang-Terluka.jpg
Views: 320
Read Time:1 Minute, 59 Second

Kapal Perang AS Seharga Rp10, 9 Triliun Meledak, 57 Orang Cedera

2 Views


Read Time:1 Minute, 50 Second

Kapal Perang AS yang meledak di San Diego harganya Rp10, 9 Triliun, diadukan sebanyak 57 orang cedera ….

SAN DIEGO – Kapal perang Amerika Serikat (AS), USS Bonhome Richard, terbakar dan meledak di Pangkalan Angkatan Laut San Diego hari Minggu. Korban cedera sekarang bertambah dari 21 jadi 57 orang.

Ada kisaran 160 orang di atas kapal pada waktu insiden terjadi. Menurut data Angkatan Laut AS, 34 pelaut dan 23 buruh sipil cedera.

5 orang masih dirawat di RS dan dalam keadaan stabil pada Senin pagi. Menurut Angkatan Laut, para korban mengalami cedera kecil termasuk kecapaian dan menghirup asap.

Menurut Federasi Ilmuwan Amerika, total ongkos pembangunan kapal perang ini diperkirakan USD761 juta (lebih dari Rp10,9 triliun). Kapal sejauh 255 meter ini merapat di San Diego untuk menjalani pemeliharaan, modernisasi dan perbaikan senilai nyaris USD250 juta .

READ  Fahri Hamzah Tuding Tawaran Menteri untuk Bungkam DPR

Sebab pekerjaan renovasi, cuma sebagian kecil dari total awak kapal kisaran 1.000 yang ada di kapal saat kebakaran terjadi.

Penyebab ledakan dan kebakaran kapal perang AS

Petugas pemadam kebakaran bekerja di atas kapal semenjak Minggu malam dan juga mempergunakan helikopter untuk mencoba memadamkan kobaran api.

Penyebab ledakan dan kebakaran masih dalam penyelidikan. Pejabat Angkatan Laut AS, Laksamana Muda Philip Sobeck, menjelaskan untuk The San Diego Union-Tribune bahwa Angkatan Laut percaya bahwa kebakaran diawali di ruang kargo yang lebih rendah yang dipakai untuk menyimpan peralatan dan kendaraan laut.

“USS Bonhomme Richard dapat terbakar selama berhari-hari, turun ke saluran air,” kata Kepala Pemadam Kebakaran San Diego, Colin Stowell, untuk CNN, Selasa (14/7/2020).

Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Michael Gilday menyebut kebakaran pada kapal perang tersebut “tragedi yang menakutkan.”

“Pikiran dan doa kami bareng para Pelaut BHR kami, Famili mereka, dan para responden darurat kami yang terus memerangi api,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Hasil positif,” katanya lagi.

READ  Pengamat: Komposisi Menteri Mesti menurut Kompetensi dan Tekad bulat

Kantor Servis Cuaca Nasional (NWS) San Diego memberitahukan bau asap yang amat kuat terasa di kantornya di Rancho Bernardo. “Angin selatan dari pusaran pantai kemungkinan menyebarkan asap dari USS Bonhomme Richard utara di sejauh koridor I-16,” kata NWS di Twitter.

USS Bonhomme Richard yang berumur 23 tahun didesain untuk mengerahkan mengerahkan dan mendaratkan helikopter, perahu kecil dan kendaraan binatang air.Belum diketahui separah apa kerusakan yang diderita kapal perang ini. (qa/ummatina)

Kapal Perang AS Seharga Rp10, 9 Triliun Meledak, 57 Orang Terluka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *