Connect with us

Hiburan

Karakter Animasi Santoon TV Diangkat dalam Kehidupan Realitas Masyarakat Indonesia

Published

on

Tono Santoon TV

 

Animasi menjadi tontonan yang sangat menarik. Selain karena visualisasinya, melalui animasi kita mampu menjadi berpikir kritis dan memetik “moral value” di dalamnya. Kali ini saya ingin membahas karakter dalam animasi Santoon TV.

Santoon TV sendiri merupakan salah satu channel animasi yang mampu menarik perhatian pengguna sosial media menikmati konten-kontennya. Animasi ini sering disebut sebagai media kritik sosial melalui ungkapan satire, sarkasme, dan ironi.

Ungkapan ini dikemas dengan apik melalui sindiran melalui bahasa maupun karakter yang ditampilkan. Santoon TV ini dikelola oleh animator berinisial ASW yang memulai terjun di dunia animasi melalui episode pertamanya yaitu “Jangan Sebut Namaku”. Berikut adalah karakter dari Animasi Santoon TV:

Advertisement

1. Tono

Tono merupakan salah satu karakter utama dalam animasi ini. Karakter ini merepresentasikan sebagai sosok anak kecil yang mampu berdebat dengan orang yang lebih tua darinya bahkan teman sebaya nya.

Menurut ASW, Tono direpresentasikan sebagai anak “broken home” akibat ibu bapaknya yang sudah bercerai ditambah dengan bapak nya pengguna narkotika sehingga dirawat bahkan dekat dengan paman nya yaitu Faisal.

Walalupun begitu karakter ini masih termasuk karakter yang imut layaknya anak kecil dan bersikap bijak mengenai permasalahan yang terjadi. Animator tentunya memerhatikan detail Karakater ini melalui tampilan bajunya yang berwarna biru yang sesuai dengan sifatnya Tono yaitu pintar dan berwawasan luas.

2. Faisal

Faisal Santoon TV

Faisal merupakan paman dari T0n0. Tidak jauh dengan Tono karakter Faisal sama yaitu suka menyindir secara halus apapun masalah yang ada di kehidupan kita sehari-hari biasanya berdasarkan apa yang sedang trending. Faisal ini direpresentasikan sosok yang berganti profesi setiap waktu dan identik dengan korban pernikahan.

See also  Film 'Bonnie' Kisah dari Sastrawan Indonesia Mendiang Umbu Landu Paranggi

3. Koh Alim

Koh Alim

sumber: Youtube Santoon TV
Koh Alim merupakan sosok keturunan chinese yang direpresentasikan sebagai ahli berdagang. Terbukti dari dia yang suka berdagang dan mengajari bisnis-bisnis dengan penyampaian yang agak nyeleneh tapi terlihat asik bahkan lugas. Koh Alim identik dengan sosok orangtua yang protektif dan selalu ingin perfeksionis apapun yang dia lakukan. Identik dari Koh Alim melalui pakaian nya yang merepresentasikan budaya chinese tapi disisi lain merupakan sesuai karakter dia yaitu semangat dan tegas.

Advertisement

4. Bang Ibab

Bang Ibab

sumber: Youtube Santoon TV
Karakter Bang Ibab merupakan salah satu karakter yang sejauh ini mencuri perhatian bagi orang yang menonton. bagaimana tidak? karakter ini merupakan sosok yang dikenal antagonis, tidak sabaran, dan suka meremehkan apapun bahkan siapapun termasuk Faisal dan T0n0. Yang menarik dari karakter ini adalah apabila sedang di posisi kesal atau marah biasanya wajahnya langsung berubah menjadi merah masam bahkan menjadi khinzir.

5. Bang Jago

Bang Jago

sumber: youtube Santoon TV
Bang Jago direpresentasikan sosok ayam jago karena terlihat jambul nya. Sosok ini hampir sama dengan Bang Ibab akan tetapi Bang Jago ini identik dengan tong kosong nyaring bunyinya dan suka melanggar lalu lintas.

Dari Animasi Santoon TV ini kita bukan hanya memahami tetapi sebagai media menyadarkan masyarakat agar selalu bebrbuat baik kepada siapapun dan dimanapun. Santoon TV ini menjadi media dalam mengkritisi dalam berbagai hal. So, apakah tertarik ingin menonton?

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *