Kata Anggota Kongres AS soal Planning Israel Aneksasi Tepi Barat – Aspiratif News

Views: 19
Read Time:1 Minute, 46 Second

Kata Anggota Kongres AS soal Planning Israel Aneksasi Tepi Barat – Aspiratif News

Washington, Aspiratif News

4 anggota Kongres Amerika Serikat (AS) menyampaikan keprihatinannya atas planning Israel untuk mencaplok beberapa wilayah tertentu di Tepi Barat yang diduduki. Ke-4 anggota Kongres tersebut ialah Alexandria Ocasio-Cortez, Rashida Tlaib, Pramila Jayapal, dan Betty McCollum.


Mereka mengirimkan surat ke Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, terkait dengan planning Israel tersebut. Dalam surat itu, mereka Memperingatkan bahwa planning aneksasi Tepi oleh Israel dapat merusak masa depan warga Palestina dan Israel untuk hidup dengan full kesetaraan. Bahkan, usaha itu dapat menjadikan Israel sebagai negara apartheid.


Mereka mendesak agar pemerintah AS tetap berkomitmen pada masa depan di mana semua warga Palestina dan Israel hidup dengan hak full, martabat, dan demokrasi. 


“Kami tidak dapat menyokong sistem yang tidak demokratis di mana Israel akan secara permanen mengontrol rakyat Palestina, Tidak mau kemerdekaan dan pemenuhan hak-hak mereka,” kata mereka dalam surat tersebu, seperti dikabarkan kantor berita Anadolu, Senin (29/6).  

READ  IHSG Dibuka Positif Ke Level 5.070,56 - Aspiratif News


Tidak cuma itu, mereka juga menyampaikan ancaman ke Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Jikalau PM Israel tersebut tetap meneruskan planning aneksasi Tepi Barat maka mereka mengancam akan membikin pemerintahan AS menangguhkan sokongan angkatan bersenjata dan memotong sokongan ongkos pengadaan senjata bagi prajurit Israel.


“Jikalau pemerintahan Netanyahu tetap meneruskan planning aneksasi Tepi Barat dengan sokongan pemerintahan ini (AS), kami akan memastikan tidak ada legitimasi atas aneksasi Israel dari AS dan mempertimbangkan kembali pandanaan angkatan bersenjata 3,8 miliar dolar AS bagi Israel,” jelasnya.


sebelum ini, pemerintah gabungan Israel berniat memulai planning untuk mencaplok permukiman Tepi Barat dan bagian-bagian dari Lembah Jordan yang strategis pada hari ini, 1 Juli. Langkah itu Ialah bagian dari janji kampanye Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada waktu pemilihan umum lalu. 


Tetapi, PM Netanyahu memberikan isyarat bahwa planning aneksasi beberapa wilayah Tepi Barat tidak jadi ditunaikan hari ini. “Saya sudah menyampaikan soal pertanyaan kedaulatan wilayah, dan kami akan bekerja menyelesaikannya dalam beberapa hari yang akan Hadir,” kata Netanyahu, dikabarkan Associated Press, Rabu (1/7). 

READ  Israel Mengakui Tahu Tempat Persembunyian sekretaris jendral Hizbullah - Aspiratif News


Pewarta: Muchlishon

Editor: Fathoni Ahmad

Kata Member Kongres AS soal Planning Israel Aneksasi Tepi Barat – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *