Connect with us

News

Kawasan Hutan Lindung Pantai Penganak Barat Rusak Parah Akibat Tambang Timah Ilegal

Published

on

PANGKALPINANG, ASPIRATIF.com – Kawasan Hutan Lindung Pantai Penganak yang terletak di Desa Air Gantang Kecamatan Parit Tiga Kabupaten Bangka Barat terlihat rusak parah akibat aktivitas tambang timah ilegal dengan menggunakan alat berat jenis ekskavator.

Pengamatan Tempo pada Kamis, 22 Juni 2023, selain beraktivitas di bibir pantai, usaha tambang tersebut juga terang-terangan karena berada cukup dekat kawasan wisata Pulau Perut.

Terkait hal tersebut, Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung Inspektur Jenderal Yan Sultra Indrajaya mengatakan belum mengetahui adanya aktivitas ilegal di lokasi yang terlarang tersebut.

“Saya baru terima laporan ini. Nanti saya perintahkan kepada Polres Bangka Barat dan Ditreskrimsus untuk melakukan pengecekan dan penindakan kalau itu ada pelanggaran,” ujar Yan kepada wartawan, Sabtu, 24 Juni 2023.

Advertisement

Yan menuturkan pihaknya tidak akan mentolerir setiap kegiatan pertambangan yang ilegal terutama di kawasan hutan lindung dan kawasan terlarang lainnya.”Yang jelas di kawasan terlarang itu tidak boleh. Nanti di Penganak kita turunkan anggota ke sana,” ujar dia.

Sementara Kepala Desa Air Gantang, Alikan mengatakan tidak tahu menahu soal tambang tersebut. Dia memilih lepas tangan terkait persoalan tersebut. “Saya tidak tahu. Di situ entah masyarakat atau siapa saya tidak tahu. Cari sendiri saja para pelakunya,” ujar dia.

Alikan juga mempersilakan wartawan untuk memberitakan dan mencari tahu siapa di balik aktivitas tambang timah ilegal tersebut. “Silakan juga diberitakan karena saya tidak tahu. Saya tidak ada menyuruh atau melarang. Intinya saya lepas tangan,” ujar dia.

Source & Dok : Tempo.co

Advertisement
See also  Otoritas Israel Sepakat Tidak Lakukan Aksi Militer di Jalur Gaza Selama Bulan Ramadhan
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *