Kebijakan-Indonesia-Terima-Pengungsi-Rohingnya-Dipuji-Uni-Eropa.jpg

Kebijakan Indonesia Terima Pengungsi Rohingya Dipuji Uni Eropa

Diposting pada
BRUSSELS – Uni Eropa (UE) memuji kebijakan Indonesia untuk pertolongan, pemberian bantuan, dan perlindungan kemanusiaan kepada hampir 100 pengungsi Rohingya. Aksi penyelamatan Para pengungsi Rohingnya, yang ditolong pada pertengahan Juni lalu di Aceh, sampai saat ini diinapkan di pusat penampungan di Lhokseumawe.

UE menuturkan, penyelamatan para pengungsi Rohingya, yang telah menghadapi kondisi yang mengerikan, adalah bentuk penghormatan terhadap hukum internasional dan membuktikan kemurahan hati rakyat, bangsa dan pemerintah Indonesia.

Bac juga : Kodam Sriwijaya: 153 Prajurit Satgas Teritorial Diberangkatkan ke Daerah Rawan

“Bekerjasama dengan pihak berwenang Indonesia yang relevan, Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) dan organisasi kemanusiaan lainnya, UE akan memobilisasi dukungan kemanusiaan untuk menangani kebutuhan dasar paling mendesak dari para pengungsi yang terkena dampak,” kata UE dalam sebuah pernyataan, yang diterima Sindonews pada Kamis (2/7/2020).

“Sementara kami menghargai tindakan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia, keadaan buruk kaum Rohingya tidak dapat diselesaikan dengan tindakan kemanusiaan dari negara-negara yang baik hati saja. Akar penyebab penderitaan Rohingya adalah di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, tempat mereka semula diusir secara paksa,” sambungnya.

Baca Juga :  Surat Aspiratif dari Mahasiswa untuk Presiden Jokowi

Dalam pernyataanya, UE berharap pemerintah Myanmar menciptakan kondisi yang memungkinkan mereka kembali secara aman, berkelanjutan, bermartabat, dan sukarela ke tempat asal mereka, termasuk melalui implementasi yang kredibel dari rekomendasi Komisi Penasihat Negara Rakhine, yang telah disahkannya, dan dalam sesuai dengan langkah-langkah sementara yang diperintahkan oleh Mahkamah Internasional.

Baca juga : Kisah Heroik Prajurit Kopassus Menyusup Ke Camp Musuh

“Kami tegaskan bahwa semua angkatan bersenjata di Myanmar harus segera melaksanakan gencatan senjata tanpa syarat, termasuk di Rakhine dan Negara-negara Chin, dan berkomitmen kembali pada proses perdamaian yang inklusif,” ujarnya.

UE juga menyerukan semua negara di kawasan, termasuk negara-negara anggota ASEAN, untuk lebih terlibat dengan [emerintah Myanmar untuk memastikan bahwa mereka meningkatkan upayanya menuju solusi yang adil dan tahan lama untuk masalah Rohingya, sejalan dengan prinsip-prinsip hukum internasional dan HAM. (ar/aspratif)

Kebijakan Indonesia Terima Pengungsi Rohingya Dipuji Uni Eropa

Kebijakan Indonesia Terima Pengungsi Rohingya Dipuji Uni Eropa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *