Kebun Vertikal Jalan keluar Ketahanan Pangan di Masa Pandemi – Aspiratif News

Views: 24
Read Time:2 Minute, 27 Second

Kebun Vertikal Jalan keluar Ketahanan Pangan di Masa Pandemi – Aspiratif News

Pemerintah Sulawesi Selatan menyokong pengembangan kebun vertikal di wilayah perkotaan dengan mempergunakan lahan yang ada untuk menjaga ketersediaan pangan pada masa pandemi Covid-19.

“Terobosan yang dapat Dilakukan di perkotaan seperti Kota Makassar ialah melakukan vertical garden, karena pekarangan rumah rata-rata sudah terbatas,” kata Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Rabu (24/6).

Dia menerangkan lahan pekarangan warga ini dapat dipakai untuk menanam kebutuhan pangan seperti sayur-mayur, buah-buahan dan sebagainya.

Karena itu, pihaknya sudah memberikan bibit sayuran pada sejumlah kelurahan yang jadi percontohan kebun vertikal di Kota Makassar.

Sebagai gambaran, perkebunan vertikal yang dikembangkan warga di Kelurahan Kerung-Kerung, Kecamatan Makassar, sudah kelihatan hasilnya.

Apalagi, masyarakat dan lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) serta aparat setempat bahu-membahu mengembangkan tanaman pangan itu.

Kecuali itu, lanjut dia, barisan TNI juga Turut membantu ketahanan pangan di daerah ini dengan mengelola lahan tidur jadi produktif, misalnya Lantamal VI telah menanam singkong dan jagung di areal kisaran 30 hektare di Baddoka, Kelurahan Bulurokkeng, Makassar.

READ  Gabungan Ormas di Banyumas Polisikan Akun yang Menghina Habib Luthfi di Media Sosial - Warta Batavia

Danlantamal VI Laksamana Ke-1 TNI Hanarko Djodi Pamungkas pada Penjelasan terpisah menerangkan Kompleks Perumahan TNI AL di wilayah Paotere, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar sudah mengembangkan parsel sayur-mayur.

Terobosan parsel yang beda itu bermaksud menjaga imunitas tubuh di tengah pandemi COVID-19.

Termasuk pula, pengembangan budi daya ikan air payau oleh Lantamal VI untuk ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. (OL-12)


Kebun Vertikal Jalan keluar Ketahanan Pangan di Masa Pandemi – Aspiratif News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *