3eff26c8-7625-4d0c-a366-e025c64c5618_169.jpg

Kejagung Telusuri Pembuat-Penyebar Hoax Jaksa Terima Suap Sidang HRS!

Diposting pada

Kejaksaan akan mengusut produsen dan penyebar video palsu yang menggambarkan jaksa menerima suap dalam persidangan massal dan tes swab Habib Rizieq Shihab yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Kantor kejaksaan saat ini sedang menyelidiki.

“Saat ini tim kejaksaan sedang melakukan penyidikan,” kata Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Kepala Pusat Informasi Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum), dalam pesan singkatnya. Minggu (21/3/2021).

Leonard menjelaskan, pihaknya akan menggunakan alat milik kejaksaan untuk mencari penulis yang membuat dan memposting video hoax tersebut.

“Dan gunakan alat yang mereka miliki untuk melacak dan menemukan penulis yang membuat dan memposting video berita palsu,” katanya.

Belakangan dikabarkan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md juga menanggapi video hoax tersebut. Mahfud mengatakan penyebar video hoax itu bisa diusut meski bukan reporter.

“Video viral seperti ini tidak sengaja melaporkan kejahatan, tapi belum diselidiki,” cuit Mahfud di akun Twitter resminya, Minggu (21/3).

Mahfud menjelaskan, pihaknya akan merevisi dan membuka kemungkinan revisi UU ITE untuk menghilangkan pasal karet yang terkandung di dalamnya. Mahfud mengatakan hal itu dilakukan agar masyarakat bisa membedakan antara whistleblower delik dan delik umum.

Baca Juga :  Moskow Sebut Jumpa Pers Biden ‘Diskriminatif’ dan ‘Sudah Diatur’

“Namun, kami masih melihat kemungkinan revisi UU ITE untuk menghilangkan potensi pasal karet serta membedakan pengaduan pidana dan delik umum di dalamnya,” ujarnya.

Secara terpisah, penyidik ​​Bareskrim Polri juga turun tangan mengusut video hoax tersebut. Polri akan segera melakukan penyidikan.

“Ya, dia sedang dalam pemeriksaan,” kata Kepala Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *