gercep-menparekraf-sandiaga-temui-erick-thohir-bahas-apa_169.jpeg

Keuntungan Jokowi Pertemukan Trio Erick-Sandi-Lutfi di Kabinet

Diposting pada

Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perdagangan M Lutfi diketahui sudah bersahabat sejak lama. Bahkan usai Sandi dan Lutfi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu kemarin, ketiganya langsung reunian di kantor Erick.

Para ekonom melihat latar belakang ketiganya bakal mempermudah komunikasi dan koordinasi lintas kementerian yang masing-masing mereka pimpin.

“Jadi kalau melihat gebrakan di awal, salah satunya kan ketiganya kemudian saling ketemu untuk segera membangun koordinasi, saya lihat di instagram-nya. Nah, saya rasa untuk komunikasi hampir nggak ada hambatan, saya yakin, ketiganya sudah berkawan sangat lama, istilahnya chemistry-nya sudah dapat,” kata Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Eko Listiyanto saat dihubungi detikcom, Jumat (25/12/2020).

“Misalkan strategi antar Kementerian Perdagangan, BUMN-nya dan juga Parekraf itu bisa sinergi, itu saya rasa hampir nggak ada kendala karena pasti satu dengan yang lain saling mendukung,” sambungnya.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Yusuf Rendy Manilet juga berpendapat serupa. Apalagi menurutnya tiga kementerian tersebut strategis.

Baca Juga :  Suriah: AS Sekutu Kejahatan Israel

“Kalau kita lihat ketiga menteri ini menempati posisi menteri yang relatif cukup strategis, Pak Lutfi di Kementerian Perdagangan, kemudian Pak Erick Thohir di BUMN, dan Pak Sandiaga di Kementerian Pariwisata. Jadi, sebenarnya seharusnya di luar konteks profesionalitas, saya kira memang komunikasinya akan lebih lancar,” ujarnya.

Mereka bertiga juga memiliki pengalaman panjang, dan kemampuan bisnisnya tidak perlu diragukan lagi.

“Jadi, saya kira memang ini bisa memberi angin segar bagi kabinet. Kita nanti tinggal tunggu bagaimana ketiga menteri ini berkolaborasi, tentunya dalam konteks memulihkan ekonomi di tahun depan,” tambahnya. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *