498ede0f-cc74-41a2-9a26-55924ffccf87_169.jpeg

KNKT Dapat Gambaran Awal Kecelakaan dari FDR Black Box SJ182

Diposting pada

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mendapatkan gambaran awal kecelakaan Sriwijaya Air SJ182. Data-data tersebut diperoleh dari FDR (flight data recorder) black box.

“Dari data FDR ini KNKT sudah tahu gambaran awal peristiwanya seperti apa,” ujar Ketua Subkomite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (19/1/2021).

Nurcahyo mengatakan gambaran awal itu telah memberikan KNKT petunjuk terkait kasus Sriwijaya Air SJ182. Namun ia enggan menjelaskan lebih jauh karena masih memerlukan data lain.

“Sementara kami belum bisa publikasikan. Untuk lebih jelas peristiwanya kami masih butuh data dari CVR (cockpit voice recorder),” kata dia.

Di samping itu, Nurcahyo menyebut hingga kini pihaknya masih menganalisis FDR black box Sriwijaya Air SJ182. “Masih terus dianalisis, belum tuntas,” tuturnya.

Sebelumnya, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan FDR (flight data recorder) black box Sriwijaya Air SJ182 sudah diunduh. Saat ini hasil unduhan tersebut tengah dianalisis oleh KNKT.

FDR itu ditemukan dan langsung diserahkan kepada KNKT, pada Rabu (13/1/2021). Saat ini ada 330 parameter yang tengah dipelajari.

Baca Juga :  Rizieq Ditahan, Polda Ultimatum Ketua FPI Shabri Lubis CS Serahkan Diri

“Ada 330 parameter dan semua dalam kondisi baik. Saat ini sedang kita pelajari,” jelas Bagus dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1).

Adapun tim SAR gabungan sejauh ini baru mendapatkan bagian casing dari CVR. Sementara yang belum ditemukan adalah bagian memori CVR yang berisi data percakapan atau suara di kokpit pesawat. [detik.com]

link sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *