KPK Diminta Mengusut Dugaan Korupsi Proyek Revitalisasi Pasar Kementerian Perdagangan

Komisi Pemberantasan Korupsi Diminta Menyelidiki Sangkaan Korupsi Proyek Revitalisasi Pasar Kementerian Perdagangan

Diposting pada

Aspitaif News -, Massa Komite Milenial Anti Korupsi (KOMIK) mendatangi gedung merah putih KPK RI (Komisi Pemberantasan Korupsi), Jumat (14/02/2020).

Massa meminta Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menyelidiki tuntas Sangkaan Korupsi Revitalisasi Pasar Rakyat tahun 2015-2019 sebesar Rp 3,1 Triliun.

Ismail Koordinator Lapangan Komite Milenial Anti Korupsi (KOMIK) menjelaskan, Kementerian Perdagangan RI (Kemendag RI) melalui Direktorat Jend. Perdagangan Dalam Negeri mempunyai program kerja yang dinamakan Project Revitalisasi Pasar Rakyat.

baca juga:

Program ini Dilakukan dalam kurun waktu tahun anggaran 2015 sampai 2019 dengan total anggaran sebesar Rp. 3,1 Triliun.


Target 5.248 Revitalisasi Pasar rakyat yang punya tujuan memperkuat eksistensi pasar rakyat agar berdaya saing kepada pasar modern yang tidak cuma sekedar pembenahan bangunan fisik, tetapi juga nonfisik yang terkait dengan pengelolaan pasar dan integrasi dengan sektor-sektor lainnya.

“Target penyelenggaraan program ini sekilas amat mulia, tapi penyelenggaraan di lapangan di bermacam daerah kabupaten/kota semua Indonesia kerap menimbulkan problem,” ucap Ismail.

Ismail meneruskan, permasalahan Revitalisasi Pasar ini sebab penyelenggaraan aktifitas cuma berorientasi proyek murni tanpa memperdulikan aspirasi pedagang.

Akibatnya kerap muncul konflik antara pemerintah daerah seperti di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Kota Batam, Mojokerto, Tegal dan daerah-daerah lainnya dengan pedagang sebab tidak jarang pedagang Tidak mau di relokasi dengan bermacam argumentasi keterbatasan akses ke pasar, fasiltas yang minim, sepi pembeli dll, ucap Ismail, Jumat (14/02/2020).

Atas hal tersebut, KOMIK mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi cepat menyelidiki Sangkaan KKN dalam Proyek Revitalisasi Pasar Rakyat  2015-2019 sebesar Rp. 3, 1 T Di Kemendag RI

Masa juga meminta Komisi Pemberantasan Korupsi meneliti pihak-pihak terkait yang di duga terlibat dalam pusaran Sangkaan KKN dalam Perkara ini mulai dari eksekutif pejabat Inti Kemendag RI (Sekjend, Inspektorat Jend., Dirjend Perdagangan Dalam Negeri).

Menurut Ismail, layak Disangka program ini dijadikan ajang bagi-bagi proyek banyak kalangan mulai dari eksekutif, legislatif sampai adanya Sangkaan praktek ijon dari Pebisnis yang yang ingin mengerjakan proyek ini.

“Pengajuan Proposal dari Pemda/Pemkot yang ingin memperoleh proyek ini pun terkadang mesti melalui makelar yang tersebar dan telah di kapling-kapling baik di tingkat eksekutif maupun legislatif,” tegas Ismail.[]

KPK Diminta Mengusut Dugaan Korupsi Proyek Revitalisasi Pasar Kementerian Perdagangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *